PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL KARAWANG

Authors

  • Mulyadi Mulyadi STIT Rakeyan Santang
  • Asep Khaerul Faizin STIT Rakeyan Santang
  • Asep Supriatna STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Multiple Intelligences, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap minat belajar siswa kelas V SDIT Buahati Islamic School Karawang. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode survei asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 87 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan keseluruhan populasi ditetapkan sebagai sampel sebanyak 87 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas pearson product moment serta uji reliabilitas cronbach’s alpha digunakan untuk menguji instrumen penelitian. Uji prasyarat analisis dilakukan melalui uji normalitas kolmogorov-smirnov, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas glejser. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap minat belajar siswa kelas V di SDIT Buahati Islamic School Karawang. Hal ini ditunjukkan melalui pengaruh strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap minat belajar siswa mencapai 76,1 % dan sisanya 23,9 % minat belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Chatib. (2019). Sekolahnya Manusia (III). Jakarta: Kaifa.

Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 656–671.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Pakpahan et al. (2022). Metodologi Penelitian. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriatna et al. (2021). Strategi Pendekatan Pembelajaran dalam Persfektif Alqur’an. Edumaspul: Jurnal Pendidikan., 5(1), 424–436. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1210

Surya, C. M. (2023). Kegiatan Pembelajaran Untuk Mengembangkan Fisik Dan Motorik Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 75–82.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Widiana, Y. W. (2023). Peningkatan Kecerdasan Kinestetika Melalui Pembelajaran Tari Manuk Dadali Di Kelompok B TK Nurul Hidayah Cibalongsari Kecamatan Klari Karawang. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 70–82.

Zebua. (2021). Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Jakarta: Guepedia.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL KARAWANG. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(1), 36-47. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/97

Most read articles by the same author(s)