PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN MULYASEJATI 1 KECAMATAN CIAMPEL KABUPATEN KARAWANG
Keywords:
Gaya Belajar, Visual Spasial, Hasil BelajarAbstract
Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda, seperti visual, auditif, dan kinestetik, yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah. Penting bagi pendidik untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa agar pembelajaran efektif dan efisien. Untuk memahami materi atau pelajaran yang sama, siswa sering kali perlu menyelesaikan tugas dengan berbagai cara. Kemudahan dan kenyamanan belajar siswa, baik secara visual maupun temporal, disebut sebagai gaya belajar mereka. Setiap anak mempunyai gaya belajar yang berbeda satu sama lain. Faktor kemampuan yang dianggap sebagai norma yang menentukan perkembangan kemampuan dan sebaik-baiknya pencapaian hasil belajar siswa di sekolah, berarti perbedaan gaya belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar dalam situasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual spasial siswa terhadap hasil belajar Matematika kelas V di SD Negeri Mulyasejati 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar visual spasial siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Mulyasejati 1. Hal ini terbukti dengan nilai "r" hitung (0,3501) yang lebih besar dari nilai "r" tabel (0,2746) pada taraf signifikan 5%, sehingga hipotesis dapat diterima.
References
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Danang Dwi Prasetyo, & Muhammad Zainal Abidin. (2021). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel di TKIT Yaumi Faitmah Pati. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 4(2), 236–248. https://doi.org/10.54396/saliha.v4i2.195
Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Gowa. Manajemen Pendidikan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.17569
Fateqah & Nuswardhani. (2024). Teori dan praktik Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Gianistika, C. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sukaluyu III Kecamatan Telukjambe Timur. Jurnal Tahsinia, 2(1), 26–36.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Isnaini, N. E. (2020). Kemampuan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Shape and Space Berdasarkan Gaya Belajar. KadikmA, 11(2), 23. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19801
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Musyadad, V. F. (2022). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 3(2), 147–155.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Teti Ernawati, Asep Khaerul Faizin, Siti Nur Fikriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











