UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKADEMIK SISWA

Authors

  • Dina Aprilia STIT Rakeyan Santang
  • Eneng Kurniasih STIT Rakeyan Santang
  • Alma Nadhifa Agustin STIT Rakeyan Santang
  • Tami STIT Rakeyan Santang
  • Asep Supriatna STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pendidikan Akademik, Pengetahuan

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada siswa jenjang SD/MI adalah kurangnya pendidikan karakter dan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan pendidikan karakter dan akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka atau library research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah informasi Data yang dikumpulkan dan dianalisa berasal dari literatur maupun bahan dokumentasi lain seperti jurnal dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan akademik siswa itu sama pentingnya, terkait keseimbangan antara keduanya itu tergantung pada ke profesionalan guru dalam memahami perbedaan karakteristik, dan mengembangkan karakteristik serta minat dan bakat siswa. Kesimpulan penelitian ini yakni guru yang profesionalisme adalah guru yang benar-benar ahli dalam bidangnya dan mampu melaksanakan tugasnya dengan secara baik sekaligus memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

References

Annisa. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Kholifah. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Mudjiono, D. dan. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineke Cipta.

Mustadi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 14–25.

Putri. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–47.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Susanti. (2018). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 139–154.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2023-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKADEMIK SISWA. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(1), 30-38. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/282

Most read articles by the same author(s)