PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BAPER (BATANG PERKALIAN) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN
Keywords:
Media Papan, Materi Perkalian, Matematika.Abstract
Permasalahan yang terjadi di kelas II MIS Al-Muslimin adalah kurangnya media pembelajaran yang lengkap terkait pembahasan materi perkalian di pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis papan perkalian, (2) mengetahui kualitas pengembangan media pembelajaran media pembelajaran berbasis papan perkalian pada materi perkalian, (3) menguji efektivitas media pembelajaran papan perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu Model Borg & Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis yang digunakan berjumlah 6 orang dan kelompok besar yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian ini adalah, (1) Proses pengembangan (2) Media papan batang perkalian dengan kualitas, (a) hasil review ahli materi sangat baik (96%), (b) hasil review ahli media sangat baik (95%) dan kelompok besar (95%). Dengan demikian media pembelajaran papan batang perkalian pada pembelajaran matematika materi perkalian efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi perkalian.
References
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta : CV. Yrama Widya.
Fatimah. (2020). Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526-532.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Mashuri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: CV. Budi Utama.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Nurfadilah. (2020). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Media Abadi.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.
Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.
Syazali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 179–189.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Primary Edu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











