IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENINGKATAN AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Implementasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Akhlak SiswaAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran akhlak siswa di SDN Mekarmulya III. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk memahami pembelajaran PAI di SDN Mekarmulya III, 2) untuk mengevaluasi akhlak siswa di SDN Mekarmulya III, dan 3) untuk menilai implementasi pembelajaran PAI terhadap akhlak siswa di SDN Mekarmulya III. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis data yang diperoleh dari sejumlah siswa yang menjadi sampel, yang merupakan langkah penting dalam metode ilmiah untuk menjawab pertanyaan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SDN Mekarmulya III sudah cukup baik, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif. Dalam proses pembelajaran, metode-metode yang digunakan, seperti metode keteladanan, ceramah, diskusi, dan pemberian hukuman, berhasil membentuk akhlak siswa. Meskipun implementasi pembelajaran PAI terhadap akhlak siswa di SDN Mekarmulya III sudah cukup baik, namun belum mencapai hasil yang maksimal seperti yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan alokasi waktu untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dibandingkan dengan mata pelajaran umum lainnya. Faktor-faktor penghambat lainnya termasuk latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan sosial yang tidak mendukung, kurangnya sarana dan prasarana, serta pengaruh media massa seperti televisi dan media cetak.
References
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Bafadhol. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 19–29.
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Hasbullah. (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kertayasa, H., Syach, A., Yusuf, R. N., & Supriatna, A. (2021). Peran Tarekat Sufi Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Modern. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 549–561.
Majid. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.
Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.
Soebahar, A. H. (2002). Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Yatimin, A. (2007). Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.
Zahruddin. (2004). Pengantar Ilmu Akhlak. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asep Supriatna, Irena Laras, Hilda Esmeralda Mariam, Selvi Asyrika, Sri Mulyati Parsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











