UPAYA KEMAMPUAN PENINGKATAN PEMBELAJARAN KITAB JURUMIYAH DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI PESANTREN AL MUSLIH TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG

Authors

  • Asep Supriatna STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Supandi Supandi STIT Rakeyan Santang
  • Nazma Nurhaolah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Peningkatan Pembelajaran, Kitab Jurumiyah, Metode Active Learning

Abstract

Pelaksanaan pembeljaran kitab jurumiyah dipesanteren pada umumnya menggunakan sistem dimana santri diwajibkan menghapal kalimat yang ada pada kitab jurumiyah tanpa penunjang laindalam pembelajaran seperti metode atau strategi pembelajaran yang memadai sehingga dari hasil pembelajaran kurang begitu maksimal. Realitanya bahwa santri mempunyai Learning Style yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pembelajaran kitab jurumiyah dengan metode Active learning di pesantren Al-muslih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan angket. Sedangkan populasi sampel ditentukan secara random sampling. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 72,6% responden menyatakan ada Penerapan Metode active learning dalam Pembelajaran kitab jurumiyahdi Pondok Pesantren Al-Muslih Telukjambe Karawang, sebagian kecil yaitu 20,5% responden menyatakan kurang ada Penerapan Metode active learning dalam Pembelajaran kitab jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Muslih Telukjambe Karawang, dan sebagian kecil sebanyak 7,8% responden menjawab tidak ada Penerapan Metode active leartning dalam Pembelajaran kitab jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Muslih Telukjambe Karawang.

References

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Asrohah, H. (2004). Pelembagaan Pesantren Asal usul dan Perkembangn Pesantren Di Jawa. Jakarta: Departemen Agama RI.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Hasanah & Al Faruq. (2021). Edukasi Ilmu Nahwu “ Jurumiyah ” Tingkat Pemula di PP . Al- Ma ’ ruf Jurang Wuluh Kedawung Mojo Kediri. JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 2(2), 235–243.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Mulyasa. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusat Pustaka Setia.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Silberman, M. (2009). Active Learning. Bandung: Nusamedia.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Titin Fatimah, Muhammad Paris Fauzi, & Akhiryani, A. (2021). Implementasi Penggunaan Kitab Matnu Al-Ajurumiyyah Pada Madrasah Tsanawiyah. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 29–44.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Zaini dkk. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

UPAYA KEMAMPUAN PENINGKATAN PEMBELAJARAN KITAB JURUMIYAH DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI PESANTREN AL MUSLIH TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(2), 170-183. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/372

Most read articles by the same author(s)