PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 5 SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL KARAWANG

Authors

  • Siti Faridatusyadiah STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang
  • Asep Supriatna STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Media pembelajaran, Audio-Visual, Wordwall, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 5 SDIT Buahati Islamic School Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Control Design. Sampel penelitian ini berjumlah 44 siswa kelas 5 yang terdiri dari 22 siswa kelas 5 Mushab dan 22 siswa kelas 5 Shuhaib. Metode penyebaran pre-tesdan pos-tesberupa soal tes pilihan ganda matematika materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) yang dibagikan kepada siswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah pemberian pembelajaran dengan audio-visual berupa wordwall dengan nilai rata-rata pos-teshasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 71,09. Adapun hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample Test terdapat hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai sig harus < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 5 SDIT Buahati Islamic School Karawang.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Ayu Puspitaningrum, D., Istiqomah, H., & Zahroul Fitriyah, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Pedagogi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 92–98.

Djaali. (2020). Teori Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bumi Aksara.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Effendi, R. (2018). Analisis Prediksi Kebangkrutan Dengan Metode Altman, Springate, Zmijewski, Foster, Dan Grover Pada Emiten Jasa Transportasi. Jurnal Parsimonia, 4(3), 307–318.

Fadhillah, L. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia. Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i1.1127

Fateqah & Nuswardhani. (2024). Teori dan praktik Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Gianistika, C. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sukaluyu III Kecamatan Telukjambe Timur. Jurnal Tahsinia, 2(1), 26–36.

Husna, H. Al, & Puspita, V. (2023). Pengaruh Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 9 Kunpar Kabupaten Sijunjung. 5(c), 52–57.

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33–41.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Manalu, F. L., N Sihombing, L., & Sitio, H. (2023). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di SD Negeri 091496 Tanah Jawa. Journal on Education, 6(1), 2576–2587. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3288

Matt, D. G. F., Banseng, S., Gerry, D., & Handrianto, C. (2022). Effect Of Wordwall In Teaching Malay Literature Component Amongst From One Students. International Journal of Education Technology and Science, 2(3), 279–287.

Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Setyawan, D. A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data Dengan SPSS. Tahta Media.

Siswanto, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 522–531. https://doi.org/10.29210/30032101000

Supriatna, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Energi Alternatif Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tahsinia, 2(1), 12–25.

Turohmah, F., Mayori, E., & Sari, R. Y. (2020). Media pembelajaran Word Wall dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 013–019. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2634

Wati, M., Husin, M., & Saflah, I. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Pelajaran IPS Kelas IV SDN Drien Rampak. Media Audio Visual, 2(4), 58–70.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 5 SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL KARAWANG. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(1), 61-76. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/373

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>