PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD TAMAN SISWA CIKAMPEK

Authors

  • Jiana Yuaningrum STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang
  • Supandi Supandi STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Contextual, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengidentifikasi pengaruh strategi pembelajaran contextual teaching learning terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika di kelas V SD Taman Siswa Cikampek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperiment, desainnya nonequivalen grup design. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa kelas V, dengan 20 siswa pada kelas VA, kemudian 22 siswa pada kelas VB. pretest dan posttest soal tes pilihan ganda mata pelajaran matematika tentang bangun ruang yang didalamnya terdapat kubus, balok, limas, prisma,  kerucut, dan bola yang diberikan kepada siswa kelas V menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran contextual teaching learning, dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 78,25 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001, di mana nilai sig harus < 0,05 dengan menggunakan uji independent sample test. Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi contextual teaching learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SD Taman Siswa Cikampek.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Djaali. (2020). Teori Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bumi Aksara.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Erni, E., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Bosowa Journal of Education, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.466

Fateqah & Nuswardhani. (2024). Teori dan praktik Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 656–671.

Hamazah. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. PT Bumi Aksara.

Harahap, T. D., Husein, R., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Berpikir Kritis. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 972–978. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544

Margareth, S., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3950–3973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015

Marni, & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902.

Musyadad, V. F. (2022). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 3(2), 147–155.

Nasem, N., Chabibah, N., & Melaniadari, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (Rme) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.42

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar ( SD ). 5, 8050–8054.

Rahmah & Ermawati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 364–371. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1916

Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108–119. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124.

Tanjung, R., Nurfadilah, T., & Rakeyan Santang, S. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Critical Incident Pada Pembelajaran IPA Materi Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia. Jurnal Tahsinia, 74–84.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD TAMAN SISWA CIKAMPEK. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(1), 16-27. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/101

Most read articles by the same author(s)