PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aep Saepudin STIT Rakeyan Santang
  • Fauziah Wulandari STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Augmented Reality, Pembelajaran Sains, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran sains di Sekolah Dasar (SD) sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami oleh siswa. Teknologi Augmented Reality (AR) muncul sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui visualisasi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan AR dalam pembelajaran sains di SD serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V SD yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menggunakan AR dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep, kuesioner motivasi belajar, serta observasi kelas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t statistik untuk membandingkan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan AR memiliki peningkatan pemahaman konsep yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai rata-rata post-test 85,2 pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan 72,4 pada kelompok kontrol. Selain itu, tingkat motivasi belajar siswa dalam kelompok eksperimen juga mengalami peningkatan sebesar 27% berdasarkan hasil analisis kuesioner. Temuan ini mengindikasikan bahwa AR dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains di SD. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi AR dalam kurikulum pembelajaran sains serta perlunya pelatihan bagi guru dalam mengimplementasikan teknologi ini secara optimal. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi pengembang teknologi pendidikan untuk mengembangkan aplikasi AR yang lebih sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SD.

References

Aly & Mebarki. (2021). Augmented Reality for Science Learning: Effects on Student Motivation and Achievement. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(5), 89-102.

Anderson & Krathwohl. (2018). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Azhar. (2021). Teknologi Pendidikan: Prinsip dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Bates. (2020). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Tony Bates Associates Ltd.

Billinghurst et al. (2019). A Survey of Augmented Reality Technologies and Applications in Education. Journal of Educational Computing Research, 57(3), 217-243.

Chen & Tsai. (2022). Augmented Reality-Based Science Learning: Effects on Conceptual Understanding and Cognitive Load. Computers & Education, 178, 104372.

Dale. (2022). Audio-Visual Methods in Teaching. Holt, Rinehart & Winston.

Daryanto. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Yogyakarta: Gava Media.

Dunleavy & Dede. (2021). Augmented Reality Teaching and Learning. Handbook of Research on Educational Communications and Technology, 735-745.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Hidayat & Purnama. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Teknologi, 18(2), 143-158.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Ibáñez et al. (2020). Augmented Reality for STEM Learning: A Systematic Review. Computers & Education, 145, 103728.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Mardiana. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Augmented Reality di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 56-70.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Mayer. (2019). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sadiman. (2018). Interaksi Manusia dan Komputer dalam Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Santoso. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Sains di SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 20(3), 203-218.

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Wu et al. (2023). Current Status, Opportunities, and Challenges of Augmented Reality in Education. Educational Research Review, 38, 100419.

Yilmaz. (2019). Effects of Augmented Reality-Based Learning on Student Achievement and Motivation: A Meta-Analysis. Educational Research Review, 29, 100239.

Downloads

Published

2023-10-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(3), 355-367. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/102

Most read articles by the same author(s)