OPTIMALISASI PERAN GURU KELAS 1 DALAM MEMFASILITASI TRANSISI PAUD KE SEKOLAH DASAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.676

Keywords:

Transisi PAUD ke SD, Pembinaan Guru, Kelas 1, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan pembinaan bagi guru kelas 1 dalam mendukung transisi dari PAUD ke SD, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Transisi PAUD ke SD adalah periode penting dalam perkembangan anak, di mana anak beralih dari lingkungan bermain menuju lingkungan belajar yang lebih formal. Oleh karena itu, pembinaan guru sangat penting untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan proses pembinaan yang dilakukan serta tantangan yang dihadapi oleh guru selama transisi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan dapat meningkatkan pemahaman guru terhadap pentingnya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya yang memadai, yang menghambat implementasi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan berupa bahan ajar yang lebih inovatif, pelatihan berkelanjutan, serta kolaborasi yang lebih erat antara sekolah, dinas pendidikan, dan orang tua.

References

Aisah. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Anak Usia Dini Daripada Aspek Perkembangan Fisik Motorik. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 74-82.

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Duflo et al. (2011). Peer Effects, Teacher Incentives, and the Impact of Tracking: Evidence from a Randomized Evaluation in Kenya. American Economic Review.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Ginsburg. (2007). The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds. Pediatrics.

Hadiyanto & Haryanto. (2015). Pengaruh Pembinaan Guru terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(3), 155-167.

Hananuraga, R. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Kusnadi. (2016). Implementasi Pembinaan Guru untuk Mendukung Transisi PAUD ke SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 50-58.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Nursalim. (2017). Kompetensi Pedagogik Guru Kelas 1 dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(3), 123-131.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Prabowo. (2019). Evaluasi Program Pembinaan Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran., 19(2), 77-85.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Saks & Haccoun. (2007). Managing Performance through Training and Development. Thomson Nelson.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Suyanto. (2014). Kebijakan Pendidikan dalam Transisi PAUD ke SD. Jurnal Kebijakan Pendidikan., 8(3), 100-110.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

OPTIMALISASI PERAN GURU KELAS 1 DALAM MEMFASILITASI TRANSISI PAUD KE SEKOLAH DASAR. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(4), 498-508. https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.676

Most read articles by the same author(s)