PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENINGKATKAN KINERJA AKADEMIK DI SMAN 1 CIKARANG PUSAT
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.656Keywords:
Manajemen Mutu Terpadu, Kinerja AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management/TQM) dalam meningkatkan kinerja akademik di SMAN 1 Cikarang Pusat. TQM merupakan pendekatan manajerial yang menekankan pada peningkatan kualitas secara berkelanjutan dengan melibatkan seluruh elemen sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, siswa, dan tenaga kependidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip TQM seperti keterlibatan total, fokus pada pelanggan (siswa dan orang tua), perbaikan berkelanjutan, dan pengambilan keputusan berbasis data telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja akademik, ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata ujian sekolah dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar. Keberhasilan implementasi TQM juga ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah yang visioner serta budaya kerja kolaboratif di lingkungan sekolah. Studi ini mendukung temuan sebelumnya bahwa penerapan manajemen mutu yang terintegrasi secara menyeluruh mampu menciptakan budaya mutu dan meningkatkan pencapaian akademik siswa.
References
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Goetsch & Davis. (2010). Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality (7th ed.). New Jersey: Pearson Education. Inc.
Goetsch & Davis. (2014). Quality Management for Organizational Excellence. Pearson Education.
Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Oakland. (2014). Total Quality Management and Operational Excellence. Routledge.
Pattiasina., P. J. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Sallis. (2012). Total Quality Management in Education Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta: IRCiSoD.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ine Rahayu Purnamaningsih, Eny Tantia Finorita, Evi Wasitoh, Syafitri Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












