TATA KELOLA KOMUNITAS BELAJAR PELOPOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DI GUGUS 02 KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.57171/hseja122Keywords:
Tata Kelola, Komunitas Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tata kelola Komunitas Belajar Pelopor di Gugus 02 Kecamatan Telukjambe Timur serta menganalisis kontribusinya dalam meningkatkan kompetensi profesional guru sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru anggota komunitas, kepala sekolah, dan pengawas gugus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola Komunitas Belajar Pelopor dilaksanakan melalui struktur organisasi yang jelas, terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara, serta koordinator bidang (program, perencanaan, sarana-prasarana, humas-kerjasama, dan administrasi-publikasi). Implementasi program meliputi diskusi pedagogik, lesson study, workshop inovasi pembelajaran, serta dorongan publikasi ilmiah. Faktor pendukung keberhasilan komunitas antara lain komitmen guru, dukungan kepala sekolah dan dinas pendidikan, serta budaya kolaboratif. Hambatan utama adalah keterbatasan waktu, sarana prasarana, dan keterampilan menulis ilmiah sebagian guru. Dampak tata kelola komunitas belajar ini terlihat pada peningkatan kompetensi guru, baik pedagogik, profesional, maupun kolaboratif. Guru menjadi lebih reflektif, inovatif, dan terbuka terhadap pembelajaran berbasis kolaborasi. Selain itu, komunitas turut memperkuat koordinasi antar sekolah serta mendukung keberlanjutan pengembangan mutu pendidikan dasar.
References
Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.
Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Why digital learning is the key to the future of education. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 3(4), 201–210.
As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Aslan, A. (2025). Analisis Dampak Kurikulum Cinta Dalam Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Transformatif Yang Mengubah Perspektif Dan Sikap Peserta Didik: Kajian Pustaka Teoritis Dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 3(1), 83–94.
Bush. (2011). Theories of Educational Leadership and Management. SAGE Publications.
Delvina, A. (2020). Governance and legal perspectives: Problems in the management of Zakat funds are used as collateral. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 209–217. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201023
Hord. (2015). Learning Together, Leading Together: Changing Schools Through Professional Learning Communities. Teachers College Press.
Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.
Jun et al. (2024). Manajemen komunitas belajar dan pengaruhnya terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.xxxx/jmp.2024.12.1.45
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2025). Menanamkan Akhlak Mulia Melalui Pendidikan Agama Islam: Studi Kontekstual Surat Luqman Di Pendidikan Menengah. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(10), 3305–3318.
Kemendikbudristek. (2021). Panduan pembentukan komunitas praktisi guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.
Napitupulu & Wibawanta. (2022). Evaluasi program professional learning community (PLC) dalam peningkatan kualitas pembelajaran guru. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–125. https://doi.org/https://doi.org/10.xxxx/jpd.2022.13.2.112
Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.
Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.
Setiawan. (2021). Tata kelola komunitas belajar guru dalam pengembangan kompetensi profesional. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 201–210.
Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.
Soraya & Supadi. (2022). Peran struktur organisasi komunitas belajar guru terhadap efektivitas pengembangan profesionalisme. Jurnal Kependidikan, 14(1), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.xxxx/jk.2022.14.1.67
Sudrajat, J. (2024). Enhancing the Quality of Learning through an E-Learning-Based Academic Management Information System at Madrasah Aliyah Negeri. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 621–632.
Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Tanjung, A. A. (2023). Analysis of Digital Economy Determinants in Indonesia. Quantitative Economics and Management Studies, 4(6), 1056–1063.
Tanjung, A. A. (2024). Implementasi Digital Marketing melalui Millenial Talent Usaha Keripik Pisang Family Berkah. Science and Technology: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 254–260.
Tanjung, A. A. (2025). The Nexus Among Human Capital, Monetary Policy, and Regional Economic Growth: Comparison of the West and East Region Indonesia. International Journal of Sustainable Development & Planning, 20(4), 1575–1582.
Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.
Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Acih Trisnawati, Abduloh Abduloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












