PENGARUH MODIFIKASI ALAT BOLA TENIS TERHADAP KEMAMPUAN DASAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS SISWA SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.698Keywords:
Tolak Peluru, Pengaruh, Modifikasi, Bola Tenis, Gaya OrtodoksAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam melakukan tolak peluru gaya ortodoks, yang disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa murid tidak memahami kemampuan dasar tolak peluru gaya ortodoks, sehingga mengalami masalah dalam melakukannya dengan teknik yang baik dan benar. Kendala dan masalah yang sering dialami siswa dalam melakukan kemampuan dasar tolak peluru gaya ortodoks mengharuskan guru untuk dapat menganalisis dan menemukan solusi yang tepat, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan, menganalisis, dan mengidentifikasi efek modifikasi bola tenis terhadap kemampuan dasar gaya ortodoks lempar peluru pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental, dengan desain penelitian one group pretest posttest. Penelitian dilakukan di SMPN 4 Telukjambe Timur, dengan sampel siswa kelas VIII E yang berjumlah 33 siswa dari total 42 siswa kelas VIII. Terdapat tiga tahap dalam penelitian ini: pretest, perlakuan (treatment) selama empat pertemuan, dan posttest. Data diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest (72.04) lebih besar dari nilai rata-rata pretest (50.07), artinya terdapat peningkatan kemampuan dasar gaya ortodoks lempar peluru pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Telukjambe Timur.
References
Arifin & Warni. (2018). Model latihan kelincahan sepakbola. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 63–66.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Arrin. (2020). Analisis Gerak Pada Shooting Menggunakan Punggung Kaki Dalam Olahraga Sepak Bola (Studi Kasus Pada Sekolah Sepakbola Putra Arema U-15). Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(2), 137–144.
Bafirman. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Jakarta: Kencana.
Hita. (2021). Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang. Jurnal Patriot., 3(4), 397–407.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Megawati. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Sma Negeri 17 Luwu Utara. Repository.Umpalopo.Acc.Id, 1–17.
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Rithaudin dkk. (2019). Analisis Pembelajaran Aspek Kognitif Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 33–38.
Sari et al. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ine Rahayu Purnamaningsih, Fahrial Dias Rayandika, Fauzan Zahra Nugraha, Muhammad Rendi Afrudin, Julian Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












