KAJIAN MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DASAR: STRATEGI, TANTANGAN, DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU SEKOLAH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.657

Keywords:

Manajemen Pembiayaan, Pendidikan Dasar, Mutu Sekolah, Strategi Pengelolaan

Abstract

Manajemen pembiayaan pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam menjamin keberlangsungan dan mutu pendidikan, khususnya di tingkat dasar. Pengelolaan dana yang tepat, efisien, dan akuntabel menjadi pondasi utama bagi sekolah dalam menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi, tantangan, serta implikasi manajemen pembiayaan pendidikan dasar terhadap mutu sekolah melalui pendekatan studi literatur. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi terhadap tiga jurnal ilmiah nasional yang membahas topik manajemen pembiayaan di sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi manajemen pembiayaan yang efektif melibatkan perencanaan berbasis dokumen seperti RKJM dan RKAS, pemanfaatan teknologi (misalnya ARKAS), serta pelibatan aktif seluruh unsur sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, dan komite. Tantangan utama dalam pengelolaan pembiayaan mencakup keterbatasan sumber daya manusia, dominasi anggaran untuk belanja rutin, serta rendahnya kapasitas dalam pencarian dana alternatif. Sementara itu, implikasi positif dari pengelolaan pembiayaan yang baik tercermin dalam meningkatnya kepercayaan masyarakat, transparansi penggunaan dana, dan perbaikan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pembiayaan yang strategis dan partisipatif berkontribusi besar terhadap peningkatan mutu pendidikan dasar. Oleh karena itu, penguatan kapasitas pengelola keuangan sekolah dan optimalisasi sistem pengawasan menjadi faktor kunci dalam mendukung keberhasilan pendidikan yang berkelanjutan.

References

Aditya., B. (2023). Dinamika Kreatif Manajemen. Manajemens, 6(1), 12–27.

Arif. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembiayaan Pendidikan Di SMA 06 Ma’Arif Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Jember: UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Arifin & Prihando. (2024). Manajemen pembiayaan dalam membangun kemandirian sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(1), 255–259.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Bafadal. (2003). Manajemen peningkatan mutu sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Fatkhuri. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.

Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fihana. (2024). Manajemen Dan Konsep Teoritis Dalam Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 159–208.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Murtadlo. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pada Madrasah Swasta Unggulan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(1), 97–116. https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.14.

Mustika & Nugraha. (2024). Manajemen pembiayaan pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Digdaya: Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 28–33.

Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Pattiasina., P. J. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sagala. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sarjono & Nurfuadi. (2024). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Teori Penganggaran Partisipatif. Linuhung: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 1(2), 74–83. https://doi.org/https://doi.org/10.52496/linuhung.v1i2.219

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Suryadi. (2010). Perencanaan pendidikan: Konsep, model dan aplikasi di sekolah. Jakarta: Prenada Media.

Syukri et al. (2024). Manajemen pembiayaan pendidikan terhadap mutu pendidikan dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan., 10(18), 375–382. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13932587

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

KAJIAN MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DASAR: STRATEGI, TANTANGAN, DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU SEKOLAH. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(4), 560-573. https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.657

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>