PERENCANAAN STRATEGIK MATA KULIAH HUKUM ACARA PERDATA MELALUI PENDEKATAN HYBRID DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.628Keywords:
Hukum Acara Perdata, Hybrid (Blended Learning), Strategi Perencanaan, Kualitas PembelajaranAbstract
Pendidikan hukum memainkan peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam menghadapi permasalahan hukum yang semakin kompleks. Salah satu mata kuliah kunci dalam pendidikan hukum adalah Hukum Acara Perdata, yang memberikan keterampilan praktis kepada mahasiswa. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pendidikan menuntut pergeseran metode pembelajaran dari luring ke daring, menimbulkan tantangan dalam mengajarkan materi yang memerlukan simulasi praktis, seperti dalam hukum acara perdata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan strategik capaian perkuliahan mata kuliah hukum acara perdata melalui pendekatan hybrid atau blended learning oleh dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Islam Nusantara, dan tantangan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa dalam implementasi pendekatan hybrid (blended learning) pada perkuliahan mata kuliah Hukum Acara Perdata di Fakultas Hukum Universitas Islam Nusantara. Pendekatan kualitatif deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan hybrid (blended learning) dapat meningkatkan fleksibilitas pembelajaran, namun menghadapi tantangan terkait akses teknologi dan kesiapan dosen. Meskipun teknologi memiliki potensi besar, penguatan infrastruktur dan pelatihan dosen sangat diperlukan untuk menjamin keberhasilan implementasi pendekatan ini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan hukum di Indonesia, khususnya dalam mengintegrasikan teori dan praktik melalui teknologi.
References
Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.
Arifin. (2022). Blended Learning dalam Pendidikan Tinggi: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.
Darmawan. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Hukum: Menciptakan Pengajaran yang Dinamis dan Interaktif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Handayani. (2020). Simulasi dalam Pembelajaran Hukum: Pendekatan Praktik dalam Pendidikan Hukum. Jurnal Ilmu Hukum Indonesia, 7(1), 55–68.
Hidayat & Firmansyah. (2021). Tantangan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 112-126.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mulyasa. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nurtanto et al. (2022). Efektivitas Blended Learning pada Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 108–118.
Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Pranoto & Kurniawati. (2022). Implementasi Hybrid Learning dalam Pendidikan Hukum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Hukum, 10(1), 55-70.
Prasetyo. (2023). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Hukum: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Hukum Indonesia, 15(1), 45-63.
Rahman. (2023). Kesiapan Teknologi dalam Pembelajaran Hybrid: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 11(3), 75-90.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. JURNAL MAKRO MANAJEMEN, 5(2), 157–163.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sari & Nurhayati. (2022). Pengaruh Pendekatan Hybrid terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Hukum. Jurnal Ilmu Pendidikan Hukum, 9(2), 56-78.
Setiawan. (2022). Pendekatan Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa dalam Pendidikan Hukum. Jakarta: Gramedia.
Suparman. (2021). Blended Learning: Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jakarta: Prenadamedia Group.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Wahid & Kusuma. (2020). Pentingnya Pemahaman Hukum Acara Perdata dalam Membentuk Calon Praktisi Hukum yang Efektif dan Efisien. Jurnal Hukum Indonesia, 15(3), 85-92.
Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Teti Ratnawulan Surtiati , Galih Nalapraya, Gunawan Gunawan, Heti Dharmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












