PERAN KEPALA SEKOLAH MELALUI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN SUKAMENAK 3

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.630

Keywords:

Kepala Sekolah, Kepemimpinan Kolektif, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah melalui kepemimpinan kolektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Sukamenak 3. Kepemimpinan kolektif dipandang sebagai pendekatan yang melibatkan semua pihak dalam pengambilan keputusan, termasuk guru, staf, siswa, dan komunitas sekolah, untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting dalam perencanaan secara sistematis dan partisipatif yang memfokuskan pada tiga aspek utama yaitu peningkatan kompetensi tenaga pendidik, penguatan manajemen sekolah, dan optimalisasi sarana prasarana pembelajaran. Pengorganisasian kepala sekolah membentuk tim kerja berdasarkan bidang keahlian dan tanggung jawab masing-masing, seperti tim pengembangan kurikulum, tim evaluasi kinerja, dan tim pengelolaan keuangan. Pelaksanaannya Kepala sekolah memastikan setiap Keputusan diambil secara transparan berdasarkan komunikasi yang efektif dengan menyediakan akses informasi yang memadai. Untuk memastikan keberlanjutan implementasi, kepala sekolah juga menetapkan mekanisme monitoring dan evaluasi yang melibatkan seluruh elemen sekolah. Setiap triwulan, diadakan rapat evaluasi yang bertujuan untuk meninjau progres dari program kerja yang telah dilaksanakan, mengidentifikasi hambatan, serta merumuskan langkah-langkah korektif jika diperlukan. Dengan demikian, kepemimpinan kolektif yang direncanakan secara matang ini tidak hanya mampu meningkatkan mutu pendidikan di SDN Sukamenak 3, tetapi juga menciptakan budaya kolaborasi yang kuat di antara seluruh elemen sekolah. Implementasi kepemimpinan kolektif terbukti efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan, yang tercermin dari peningkatan hasil belajar siswa, keaktifan guru dalam kegiatan pengembangan profesional, serta keterlibatan masyarakat dalam mendukung program sekolah.

References

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mawati, A. T. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Munawir et al. (2024). Collegial Collective Leadership in Supporting Religious Moderation at SD Negeri 03, Pontianak Kota District. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 8(2), 3507–3515.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Pramitha, D. (2020). Revitalisasi Kepemimpinan Kolektif-Kolegial Dalam Membangun Efektifitas Komunikasi Organisasi Pesantren. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 45–69.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Rusmana, F. D. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. JURNAL MAKRO MANAJEMEN, 5(2), 157–163.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 234–242.

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERAN KEPALA SEKOLAH MELALUI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN SUKAMENAK 3. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(5), 793-808. https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.630

Most read articles by the same author(s)