PENGARUH LATIHAN KEKUATAN DAN KETEPATAN TERHADAP EFEKTIVITAS TEKNIK DASAR SHOOTING EKSTRAKURIKULER
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.339Keywords:
Latihan Ketepatan, Efektivitas Teknik Dasar Shooting, EkstrakulikulerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan dan ketepatan terhadap efektivitas teknik dasar shooting dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal sma 1 tempuran Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tempuran. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen, Penelitian dilaksanakan oleh anggota ekstrakurikuler Futsal yang memfokuskan Latihan untuk ketahanan memperkuat kaki dengan menggunakan variasi Latihan yang berbeda-beda di setiap pertemuannya. Dari hasil yang diperoleh menunjukan data jumlah siswa ada 16 siswa terdiri dari 11 siswa laki – laki, 5 siswa perempuan. Berdasarkan nilai tendangan setiap siswa memiliki 5 kesempatan menendang dengan 1 kesempatan apabila gol mendapatkan 1 point dan apabila tidak masuk 0 point dengan jumlah keseluruhan 5 point dan dari hasil yang didapat nilai terendah ada 2 point pada saat pre-test, 4 point pada saat post-test,dan nilai tertinggi 4 point pada saat pre-test, 5 point dengan selisih terendah 1 point dan selisih tertinggi 3 point.Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai pengaruh latihan kekuatan dan ketepatan efektifitas teknik dasar shooting dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Tempuran, dengan adanya latihan kekuatan dan ketepatan dan cara shooting dalam cabang olahraga futsal dapat meningkatkan dari hasil latihan dala, 4 pertemuan yang telah dilakukan siswa ekstrakurikuler futsal Sman 1 tempuran. Terbukti kebenarannya dalam pre-test dan post test setelah melakukan treatment selama 4 pertemuan menunjukan hasil bahwa 16 siswa dari pre test yang dilakukan tercatat bahwa siswa mendapatkan hasil yang kurang baik dan setelah adanya latihan kekuatan dan ketepatan yang dilakukan selama 4 pertemuan maka dinyatakan dalam post test 16 siswa mendapatkan hasil baik, dari hasil maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya latihan kekuatan dan ketepatan ii menunjukan peningkatan dalam 4 pertemuan yang sudah dilakukan.
References
Aprilianti et al. (2023). Pelatihan Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Islam Raudhatul Jannah. PASAI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 2(2), 49–56.
Arifin & Warni. (2018). Model latihan kelincahan sepakbola. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 63–66.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Arrin. (2020). Analisis Gerak Pada Shooting Menggunakan Punggung Kaki Dalam Olahraga Sepak Bola (Studi Kasus Pada Sekolah Sepakbola Putra Arema U-15). Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(2), 137–144.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Gazali et al. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201–211. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898
Hita. (2021). Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang. Jurnal Patriot., 3(4), 397–407.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Megawati. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Sma Negeri 17 Luwu Utara. Repository.Umpalopo.Acc.Id, 1–17.
Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Nupusiah et al. (2023). Strategi pembiasaan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 21(2), 88-96.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rithaudin dkk. (2019). Analisis Pembelajaran Aspek Kognitif Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 33–38.
Sari et al. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Widodo, S. (2018). Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Karakter, 9(2), 101–114.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadilatul Fikri, Ine Rahayu Punamaningsih, Gunawan Gunawan, Luthfillah Rifqi Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












