PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA DIGITAL DAN SOLUSINYA
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i1.637Keywords:
Problematika Bahasa Indonesia, Pengajaran Bahasa Indonesia, Era Digital, Literasi Digital, Solusi PembelajaranAbstract
Bahasa Indonesia, sebagai bahasa negara, memiliki peran sentral dalam membentuk identitas nasional dan kehidupan berbangsa. Namun, pengajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah menghadapi sejumlah tantangan, seperti ketidakjelasan dalam penggunaan bahasa, ambiguitas, serta keterbatasan penguasaan bahasa oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali permasalahan dalam pengajaran bahasa Indonesia di era digital dan memberikan solusi berbasis data yang dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis pengajaran bahasa Indonesia di berbagai jenjang pendidikan melalui analisis dokumen dan studi literatur. Temuan utama penelitian ini menunjukkan tiga masalah besar: pertama, fokus pembelajaran yang lebih menekankan pada tata bahasa dan literasi formal mengabaikan keterampilan komunikasi praktis; kedua, pemanfaatan teknologi digital yang masih minim dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan ketiga, adanya ketidaksesuaian antara kurikulum yang dirancang dan implementasi di lapangan. Penelitian ini menyarankan perlunya pendekatan yang lebih komunikatif, pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, serta pelatihan guru yang lebih intensif untuk mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik pengajaran bahasa Indonesia di era digital.
References
Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Cahyono. (2021). Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia di Era Digital: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit XYZ.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Djiwandono. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi Praktis. Yogyakarta: Penerbit Alpha.
Fadhilah. (2021). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Identitas Bangsa. Jakarta: Penerbit Edukasi.
Firmansyah et al. (2024). Analisis Gaya Bahasa dalam Komunikasi Formal dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: Penerbit Gama.
Hadi. (2021). Penerapan Teknologi Digital dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Penerbit Pendidikan.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Handayani. (2020). Teknologi Pembelajaran Bahasa: Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Media Interaktif.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kosasih. (2019). Kausa yang Halal dan Kedudukan Bahasa Indonesia dalam Hukum Perjanjian. Jakarta: Sinar Grafika.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mawati, A. T. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.
Mulyati et al. (2018). Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Prasetya. (2020). Hambatan Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah: Sebuah Tinjauan Empiris. Yogyakarta: Penerbit Nusantara.
Rahayu & Yuniarti. (2019). Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Semarang: Penerbit Universitas Semarang.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Setiawan. (2022). Penggunaan Istilah Hukum dalam Pendidikan Bahasa Indonesia: Menyusun Definisi yang Jelas dan Terpahami. Jakarta: Penerbit Hukum.
Sulaiman. (2021). Implementasi Kurikulum Bahasa Indonesia di Sekolah dan Tantangannya. Medan: Penerbit Belajar.
Sumarsono. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi dalam Konteks Digital. Jakarta: Penerbit Jaya.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Suryanti. (2020). Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Makassar: Penerbit Mahasiswa.
Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gunawan, Arif Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












