IMPLEMENTASI RENCANA STRATEGIS PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 01 DAYEUHKOLOT: PERSPEKTIF STAKEHOLDER

Authors

  • Teti Ratnawulan Surtiati Universitas Islam Nusantara
  • Ratri Nurhayati Universitas Islam Nusantara
  • Imelda Devi Candra Agustina Universitas Islam Nusantara
  • Rifa Martini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.57171/hv0rpz23

Keywords:

Rencana Strategis, Stakeholder, Peningkatan Mutu, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kualitas pendidikan harus mencakup pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreatif, kemampuan memecahkan masalah, serta kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik. Teknologi menjadi faktor penting yang dapat mendukung pencapaian tujuan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi rencana strategis peningkatan mutu pendidikan di SMAN 01 Dayeuhkolot dari perspektif stakeholder. Stakeholder yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Rencana strategis peningkatan mutu pendidikan merupakan upaya yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, fasilitas, dan lingkungan sekolah agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan sumber daya dan perbedaan persepsi di antara stakeholder, sebagian besar stakeholder mendukung rencana strategis tersebut. Pembelajaran yang lebih interaktif, peningkatan sarana prasarana, serta pelatihan bagi tenaga pendidik dianggap sebagai langkah positif yang memberikan dampak signifikan terhadap mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi antara stakeholder sangat penting untuk keberhasilan implementasi rencana strategis dan peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan di SMAN 01 Dayeuhkolot.

References

Abduloh, A. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Darling-Hammond & Rothman. (2015). Teaching in the Flat World: Learning from High-Performing Systems. New York: Teachers College Press.

Delvina, A. (2020). Governance and legal perspectives: Problems in the management of Zakat funds are used as collateral. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 209–217. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201023

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Fullan. (2013). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kemendikbudristek. (2021). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.

Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

OECD. (2018). Education at a Glance 2018: OECD Indicators. Paris: OECD Publishing.

Robbins dan Coulter. (2017). Management. New York: Pearson.

Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sahlberg. (2011). Finnish Lessons: What Can the World Learn from Educational Change in Finland? New York: Teachers College Press.

Schlechty. (2011). Engaging Students: The Next Level of Working on the Work. San Francisco: Jossey-Bass.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Sudrajat, J. (2024). Enhancing the Quality of Learning through an E-Learning-Based Academic Management Information System at Madrasah Aliyah Negeri. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 621–632.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, A. A. (2023). Analysis of Digital Economy Determinants in Indonesia. Quantitative Economics and Management Studies, 4(6), 1056–1063.

Tanjung, A. A. (2024). Implementasi Digital Marketing melalui Millenial Talent Usaha Keripik Pisang Family Berkah. Science and Technology: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 254–260.

Tanjung, A. A. (2025). The Nexus Among Human Capital, Monetary Policy, and Regional Economic Growth: Comparison of the West and East Region Indonesia. International Journal of Sustainable Development & Planning, 20(4), 1575–1582.

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

IMPLEMENTASI RENCANA STRATEGIS PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 01 DAYEUHKOLOT: PERSPEKTIF STAKEHOLDER. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(9), 1316-1329. https://doi.org/10.57171/hv0rpz23

Most read articles by the same author(s)