PENGGUNAAN MEDIA PAGELARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS 2 SDIT TAHFIZH QUR’AN AL-JABAR

Authors

  • Siti Nurhamidah STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang
  • Dede Ajeng Arini STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.515

Keywords:

Meningkatkat Hasil Belajar, Media Pagelaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang sangat terbatas sehingga hanya menggunakan metode ceramah oleh guru, sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pagelaran di kelas 2 Sdit Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) melalui 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan setelah penggunaan media pagelaran. Hal ini dapat diliahat dari rata-rata yang menunjukkan pada pra siklus dengan rata-rata 62,27, siklus I dengan nilai rata-rata 70,97 dan siklus II dengan nilai rata-rata 79,62. Kesimpulan penelitian ini adalah Hasil nilai pada pra siklus dengan rata-rata 65.27, siklus I dengan nilai rata-rata 70.97 dan siklus II dengan nilai rata-rata 79.62. Pada siklus II mengalami peningkatan yang baik, karena tidak ada peserta didik yang nilainya dibawah jauh dari KKM.

References

Al Mawaddah dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116.

Andayani, W. (2012). Peningkatan Pemahaman Penjumlahan dengan Teknik Menyimpan Menggunakan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Bilangan Di Kelas II Semester I Tahun 2012/2013 SD Negeri Bajomulyo Kecamatan Juwana. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Fauzia. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 7(1), 40–47.

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hendar, H. (2022). Penggunaan Pendekatan Realistik Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Tahsinia, 3(2), 176–185.

Latifah dkk. (2022). Penerapan Media Drinking Straws Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal PGSD UNIGA., 77(1), 36–45.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Nurhayanti, H. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156–166.

Purwandari & Wahyuningtyas. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163–170.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Downloads

Published

2023-10-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA PAGELARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS 2 SDIT TAHFIZH QUR’AN AL-JABAR. (2023). Jurnal Tahsinia, 4(2), 209-218. https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.515

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>