UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA

Authors

  • Dede Ajeng Arini STIT Rakeyan Santang
  • Chika Gianistika STIT Rakeyan Santang
  • Nopi Siti Ropiah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.281

Keywords:

Motivasi, Pembelajaran Kooperatif, Picture And Picture

Abstract

Hakikat IPS di sekolah dasar merupakan sebagai media pelatihan bagi siswa sebagai warga Negara yang baik sedini mungkin. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPS pada tingkat sekolah dasar masih rendah. Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran IPS adalah disebabkan kurangnya profesionalisme guru dalam menyampaikan pelajaran, mereka jarang menggunakan media dan sumber belajar, sehingga kurang menarik minat anak, dan pada gilirannya prestasi belajar kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN Kosambibatu I Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan nilai rata-rata kelas prasiklus sebesar 57,5 dengan prosentase 25%, siklus ke-1 sebesar 75 dengan prosentase 62,5%, siklus ke-2 sebesar 82,5 dengan prosentase 75%, dan siklus ke-3 sebesar 95 dengan prosentase 95%. Sedangkan hasil observasi PBM Guru siklus ke-1 sebesar 35 dengan prosentase 62,5%, siklus ke-2 sebesar 50 dengan prosentase 89,3%, siklus ke-3 sebesar 54 dengan prosentase 96,4%. Sedangkan hasil observasi PBM Siswa pada siklus ke-1 sebesar 27 dengan prosentase 67,5%, siklus ke-2 sebesar 35 dengan prosentase 87,5%, dan siklus ke-3 sebesar 39 dengan prosentase 97,5%.

References

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Basuki. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas.

Evelin S, dan H. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. PT. Bumi Aksara.

Kusmiati, E. (2020). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Peristiwa Alam. Jurnal Tahsinia, 1(2), 117–127.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik dan Penilaian). Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo.

Supriyono, A. A. dan W. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA . (2020). Jurnal Tahsinia, 2(1), 110-124. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.281

Most read articles by the same author(s)