PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPA TENTANG GAYA MAGNET

Authors

  • Dede Kusnadi STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang
  • Farhan Fauzi Heka Perdana STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.272

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Gaya Magnet

Abstract

Pembelajaran ilmu pengetahuan alam diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasi. Hasil data objektif dilapangan menunjukan pada kenyataannya selama ini pembelajaran IPA ternyata masih banyak yang hanya menekankan pada buku-buku paket dan kurang memanfaatkan lingkungan sekitar, siswa dianggap berhasil apabila siswa mampu menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi terhadap penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang gaya magnet kelas V SDIT MTA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran pada siswa kelas V SDIT MTA Karawang dalam pembelajaran IPA mengenai gaya magnet dengan menggunakan penerapan pendekatan kontekstual selama proses pembelajaran berjalan dengan tertib dengan menggunakan lembar aktivitas siswa dengan persentase pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II dengan persentase 86% ini menujukkan adanya suatu peningkatan yang signifikan.

References

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Depdiknas.

Haryanto. (2012). Sains untuk SD/MI Kelas V. PT Gelora Aksara Pratama.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama.

Lisnawati, E. (2013). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Pembeljaran IPA Tentang Gaya Magnet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Suharjono Arikunto, D. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Sumardi, D. (2007). Konsep Dasar IPA SD. Universitas Terbuka.

Ulfah. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPA TENTANG GAYA MAGNET . (2020). Jurnal Tahsinia, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.272

Most read articles by the same author(s)