MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.287Keywords:
PTK, Media Gambar, Karangan Narasi.Abstract
Penggunaan waktu dalam proses pembelajaran dimasa sekarang itu sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi pemahaman konsep peserta didik salah satunya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya waktu pembelajaran yang tersedia seringkali tidak mencukupi untuk menyampaikan keseluruhan materi pembelajaran, hal tersebut berpengaruh terhadap pemahaman konsep Bahasa Indonesia, sehingga kurang terpenuhi. Atas dasar tersebut peneliti mencoba dan mengajarkan mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri yang dapat dikolaborasikan antara pembelajaran tatap muka secara langsung dan online. Sehingga dalam penelitian ini memperoleh rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana proses pembelajaran bahasa indonesia dalam menulis karangan narasi sebelum menggunakan media gambar seri? 2) Bagaimana proses pembelajaran bahasa indonesia dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri? 3) Bagaimana hasil kemampuan menulis karangan narasi pada proses pembelajaran bahasa indonesia setelah menggunakan media gambar seri?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalsari II tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian sejumlah 20 peserta didik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan selanjutnya disebut dengan PTK. Desain yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model siklus dengan pertemuan dari setiap siklus disesuaikan sampai tujuan pembelajaran yang diingankan tercapai. Siklus yang dikembangkan berbentuk spiral seperti yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart. Hasil kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, baik peningkatan dari nilai hasil karangan maupun dari aspek-aspek penilaian karangannya. Hasil nilai siswa dari menulis karangan narasi, mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya. Pada kegiatan prasiklus mendapat rata-rata nilai 65,00, siklus kesatu mendapatkan nilai rata-rata 79,50 dan pada siklus kedua mendapatkan nilai rata-rata 87,00. Dengan demikian, pembelajara menggunakan model pembelajaran PTK terdapat pengaruh yang signifikansi terhadap kemampuan menulis karangan narasi di SDN Tegalsari II.
References
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Akhadiah, S. (1996/1997). Menulis. Jakarta : Erlangga
Alvi, Laila Kadarsih. (2012). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga : Tidak Diterbitkan.
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Yrahma Widya
Arif. (2005). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pedekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka
Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Doyin dan Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES Press
Erna, Lismayanti. (2011). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi.Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.
Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Haryadi dan Zamzani. (1997). Peningkatan Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.
Hendar. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mi Tarbiyah Islamiyah Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Dengan Metode Sing The National Anthem Melalui Vokalisi. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.
Hermawan, Asra, dan Lestari, D. (2007). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung : UPI Press
Isjoni. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alphabeta
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Keraf , G. (2001). Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (2006). Standar Isi dan Standar Kompetensi Kelulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Maryati, T. (2000). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Skripsi. IKIP Bandung : Tidak diterbitkan.
Musfiratun, Bana. (2013). Peningkatan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Media Gambar Seri. Skripsi. UNS Semarang : Tidak diterbitkan.
Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.
Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra. Yogyakarta : BPEF.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Resmini, Novi. (1998). Pembelajaran Menulis Cerita Melalui Implementasi Prosedur Menulis Terbimbing. Tesis. IKIP Malang : Tidak Diterbitkan.
Semi, M. Atar. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung:Angkasa
Suparno dan Yunus, Mohammad. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
Tarigan. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Yuliarti, N. (2008). Menjadi Penulis Profesional. Yogyakarta: Media Pressindo
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Vina Febiani Musyadad, Asep Supriatna, Dina Aprilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












