PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN SUKALUYU III KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.274Keywords:
Hasil Belajar, Media Audio Visual, Pemahaman Konsep IPSAbstract
Penggunaan waktu dalam proses pembelajaran dimasa sekarang itu sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi pemahaman konsep peserta didik salah satunya dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya waktu pembelajaran yang tersedia seringkali tidak mencukupi untuk menyampaikan keseluruhan materi pembelajaran, hal tersebut berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPS, sehingga kurang terpenuhi. Penelitan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran umum dan mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media Audio Visual di kelas IV SD Negeri Sukaluyu III. Metode penelitian yang berisikan metode dan desain, populasi dan sampel, instrumen, prosedur penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan (1) Tes dilaksanakan sebanyak 2 kali, pengambilan data melalui tes awal (pretest) dengan mengisi LKPD. Kemudian dilakukan tes akhir (posttest) dengan menggunakan media audio visual. (2) Hasil menunjukan bahwa rata-rata pretest yang dilaksanakan pada siklus pertama sudah menunjukkan adanya peningkatan, ada 16 orang yang telah mencapai KKM. Jika dipresentasekan 75% sudah tuntas. Dan untuk rata-rata posttest yaitu 95% tuntas. Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman konsep IPS terdapat pengaruh yang signifikan.
References
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Arsyad Lincolin. (2010). Ekonomi Pembangunan. Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN Yogyakarta.
Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. DIVA Press.
Mudjiono, D. dan. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineke Cipta.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Prestasi Pustakakarya.
Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.
Puspitasari, I. H. dan D. (2012). Strategi Pembelajaran Tepadu. FAMILIA.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pustaka Insan Madani.
Sumantri, N. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Rosda Karya.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Syach, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Metode Student Facilitator And Explaining Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(2), 155–168.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Chika Gianistika, Dede Ajeng Arini, Lilik Ari Sulistia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












