PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI GAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CENGKONG II KECAMATAN PURWASARI KABUPATEN KARAWANG TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Authors

  • Chika Gianistika STIT Rakeyan Santang ,
  • Dede Ajeng Arini STIT Rakeyan Santang
  • Andriana STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.193

Keywords:

Kooperatif Tipe Stad

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode mengajar dan tehnik penyampaian yang digunakan guru untuk menyampaikan informasi masih menggunakan metode searah atau ceramah sehingga masih rendahnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang masih di bawah standar KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman IPA pada peserta didik kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Apakah terdapat perbedaan antara pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit dalam mata pelajaran gaya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemahaman peserta didik dalam materi gaya dengan menggunakan direct instruction?. 2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan pemahaman antara peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit dalam mata pelajaran gaya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan pemahaman peserta didik dalam materi gaya dengan menggunakan direct instruction?.Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan menggunakan model desain penelitian Nonequivalent Groups pretest-postest design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit sedangkan sampelnya terbagi dalam dua kelas yaitu IV A dan IV B. Pengumpulan data dengan instrument test pemahaman IPA yang berbentuk esay berjumlah 8 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data dari skor pretes, postes dan data gain ternormalisasi, dapat disimpulkan bahwa:1) terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman IPA pada peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemahaman IPA pada peserta didik yang menggunakan pembelajaran direct instruction. 2) terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan antara peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit dalam mata pelajaran gaya yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemahaman IPA peserta didik yang menggunakan pembelajaran direct instruction.

References

Arikunto, S. Suhardjono, dan Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Budi Wahyono, setya Nuracehmandani. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SD Jilid IV.Jakarta : BSE

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: BSNP

Djamarah, SB. dan Zain, A. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Djiwandono, S. (2002). Pengembangan Kurikullum IPA (Tinjauan Teoritis dan Historis). Yogyakarta: Imperia Pres

Faizal. (2013) Metode Demonstrasi. [on line]. Tersedia : http:// Faizalnizbah.com/tag. Juli 07, 2013.

Hamalik, O. (1999). Kurikulum dan Pembelajara. Jakarta : Bumi Aksara

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. (1985). Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kasbolah. (1998). Penilaian Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : Rineka Cipta.

Khairun dan Soedjono. (2005). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-ruzz Media

Nasution, S. (2008). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: PT. Tarsito.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (Rme) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Sudjana, N. (1996). Model-model Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, N. (1991). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru: Algensindo, Bandung.

Sudjana, N. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samatowa. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.

Tindrayani, E. (2007). Model Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI GAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CENGKONG II KECAMATAN PURWASARI KABUPATEN KARAWANG TAHUN AKADEMIK 2021/2022. (2020). Jurnal Tahsinia, 1(2), 181-190. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.193

Most read articles by the same author(s)