PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AL UMM

Authors

  • Muhamad Hilman Ridwan Fauzi STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang
  • Sony Kuswandi STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Model Pembelajaran, Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Kritis, Mata Pelajaran IPS

Abstract

Dengan semakin meningkatnya fokus pendidikan pada analisis dan refleksi informasi, model pembelajaran inkuiri telah terbukti menjadi metode yang sangat efektif untuk mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V MI Al-Umm Klari. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain quasi-eksperimen, penelitian ini dimulai dengan administrasi tes awal (pretest) yang terdiri dari 40 butir soal yang telah diuji untuk validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda. Setelah model pembelajaran inkuiri diterapkan, tes akhir (posttest) dilakukan untuk menilai perubahan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 37,80 dan nilai rata-rata posttest yang meningkat menjadi 87,60, menghasilkan rata-rata gain sebesar 80%. Uji hipotesis dengan One Sample T-test menunjukkan nilai t-hitung sebesar 9,078, yang jauh melebihi nilai t-tabel sebesar 2,0638. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sebesar 75. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menegaskan efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sehingga membuktikan bahwa metode ini merupakan strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa secara substansial.

References

Anggraeny, T. K., Rohana, R., & Jayanti, J. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3001

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Ayuningsih, & Retnoningsih, D. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai LKS Audiovisual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Di SMP. Manajemen Konflik Dalam Organisasi, 1(0711), 568–575.

Harahap, H. S., & Harahap, N. A. (2021). The Effect of Guided inquiry and Modified Free inquiry Learning Models on Students’ Critical Thinking Ability on Environmental Pollution Material at SMA Negeri 1 Kotapinang. Bio-Lectura: Journal of Biology Education, 8(2), 119–128.

Hatmawan, S. R. dan A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Cv. Budi Utama.

Juniar, R., Satriani, L., Yanti, R., & Febbiola, K. (2023). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Madrasah Ibtidaiyah. Publisher: Yayasan Khairul Azzam Bengkulu Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 3–5.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Maulana, A. I., Maharani, B. S., & Saputri, P. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1), 1–8.

Nadila, I. Z., & Nugraha, M. S. (2024). Implementasi Model Dick and Carey menggunakan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran PAI di Kelas 5 SD Rakhmatullah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, h. 511-522.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47.

Nuralim, F., & Ghafirin, M. A. (2023). Literasi Media dan Informasi (LMI): Menyaring Informasi di Era VUCA untuk Pendidikan yang Bermakna. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 6(1), 120–130.

Ramadhani, T. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. 2(3).

Ridwan, A., & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Plawad 04. Ansiru Pai, 276–283.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Sari, A. A. I., & Lutfi, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Inkuiri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 118–129. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.225

Septianingrum, A. D., Suhandi, A. M., Putri, F. S., & Prihantini. (2022). Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Literasi Digital untuk Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 137–145. https://doi.org/10.5281/zenodo.6555502

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Tindakan). Alfabeta.

Suparmi, N. W. (2019). Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa. Jawa Dwipa: Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu, 4(1), 88–100.

Wibawa, I., P., G., S., T., Sariyasa, & Suarni, N., K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis STEM dengan Penugasan Berbantuan Aplikasi Whatsaap terhadap Partisipasi Orang Tua dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus VIII Mengwi. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 79–90.

Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Moga. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16–27. https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.342

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AL UMM. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(1), 110-123. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/174

Most read articles by the same author(s)