DAMPAK KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Sagitha Artha Margiathi STIT Rakeyan Santang
  • Oni Lerian STIT Rakeyan Santang
  • Risma Wulandari STIT Rakeyan Santang
  • Nursita Delia Putri STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Konsentrasi, Belajar,, Hasil Belajar, Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena menurunnya daya konsentrasi anak pada proses pembelajaran  yang disebabkan  oleh  kegiatan  pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak konsentrasi anak pada saat proses pembelajaran di dalam kelas terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa konsentrasi belajar anak kelas 1 di MI Nurussalam mendapatkan hasil yang baik. Berdasarkan tabel diatas peserta didik yang memiliki konsentrasi yang baik berjumlah 4 orang, 5 orang memiliki konsentrasi belajar sedang, dan 1 orang memiliki konsentrasi belajar yang kurang. Kesimpulan penelitian ini bahwa konsentrasi belajar merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar. Konsentrasi belajar merupakan kondisi serta kemampuan seseorang untuk memusatkan perhatian atau pikiran dalam proses perubahan tingkah laku ketika pembelajaran.

References

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Kusmiati, E. (2020). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Peristiwa Alam. Jurnal Tahsinia, 1(2), 117–127.

Mastur & Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Nurhayanti, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi. Jurnal Tahsinia, 1(2), 108–116.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Pustaka Indonesia.

Tanjung, R. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Sub Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah. Jurnal Tahsinia, 1(2), 169–180.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2023-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

DAMPAK KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(1), 61-68. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/285

Most read articles by the same author(s)