ANALISIS IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA
Keywords:
Penilaian Portofolio, Perkembangan Kognitif, Asesmen Autentik, Refleksi SiswaAbstract
Penilaian merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran, tidak hanya sebagai alat ukur hasil belajar, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh. Dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar, penilaian berbasis portofolio menjadi salah satu alternatif yang mampu menilai proses dan hasil belajar secara autentik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penilaian berbasis portofolio oleh guru serta mengkaji kontribusinya terhadap perkembangan kognitif siswa di SDN Adiarsa Timur II. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri dari guru kelas IV, siswa, dan dokumen portofolio yang telah dikembangkan selama tiga bulan dari Desember 2022 hingga Februari 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan penilaian portofolio melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara sistematis, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu dan variasi tugas. Dari segi perkembangan kognitif, portofolio terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep, menganalisis informasi, serta menyusun gagasan secara tertulis dan visual. Peningkatan ini ditunjukkan melalui analisis isi portofolio dan pengamatan langsung terhadap performa siswa di kelas. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian portofolio dapat menjadi pendekatan yang efektif dan manusiawi dalam mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, khususnya dalam konteks pendidikan dasar. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan bagi guru untuk mengoptimalkan desain dan pelaksanaan penilaian portofolio di kelas.
References
Afriansyah & Syam. (2019). Implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan., 18(2), 95–103.
Ananda. (2019). Analisis implementasi portofolio dalam pembelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 102–110.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Chen. (2020). Portfolio assessment and its impact on learners’ cognitive development. International Journal of Educational Research., 101, 101-112.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Lee & Lee. (2019). Portfolio assessment as a tool for formative evaluation. Asia Pacific Education Review, 20(2), 251–262.
Lestari. (2020). Penilaian portofolio sebagai strategi asesmen formatif. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 45–52.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Munifah. (2020). Analisis kendala guru dalam menerapkan penilaian portofolio. Jurnal Kependidikan., 10(2), 199–207.
Ningsih & Sutrisno. (2022). Penggunaan portofolio digital dalam pembelajaran daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 88–96.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Rahayu. (2021). Refleksi siswa dalam pembelajaran berbasis portofolio. Jurnal Inovasi Pendidikan., 12(3), 211–219.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Sari. (2018). Penilaian portofolio dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia., 7(1), 33–41.
Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Yuliani. (2023). Portofolio sebagai asesmen alternatif dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia., 13(1), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vina Febiani Musyadad, Indah Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











