PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI PADA SISWA MIN 2 KARAWANG

Authors

  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Adela Kiswatun Nurul Khotimah STIT Rakeyan Santang
  • Adinda Tsalsa Afifah STIT Rakeyan Santang
  • Raden Bagus Yudha STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Pembentukan Karakter Siswa, Gerakan Literasi Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi saat ini di tingkat sekolah dasar banyak terjadi degradasi karakter. Degradasi tersebut muncul dengan ditandainya berbagai konflik yang muncul antar siswa. Generasi muda ini tentu tidak akan berbuat hal yang negatif tanpa adanya role model yang mereka tonton dan tiru. Agar siswa tidak mengadopsi hal negatif lalu berdampak pada karakternya, maka perlu adanya usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya mereka dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan karakter siswa melalui gerakan literasi pada siswa MIN 2 karawang dapat berjalan optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan fenomena dan literatur yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha ini adalah dengan menerapkan Gerakan Literasi Sekolah. Implementasi gerakan literasi di sekolah adalah meliputi tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Setiap guru dapat mengajak peserta didik membaca, menulis, menyimak, dan mengkomunikasikan secara teliti, cermat, dan tepat tentang suatu tema atau topik yang ada di buku. Gerakan literasi ini didukung oleh pemerintah dalam rangka untuk membangun, memperbaiki karakter dan memberikan dampak positif terhadap generasi bangsa. Melalui pendidikan karakter yang diimplementasikan dalam institusi pendidikan diharapkan degradasi karakter atau moral anak bangsa di masa yang akan datang tidak akan terjadi dan akan terlahir generasi bangsa dengan ketinggian budi pekerti dan karakter.

References

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Ariyatun et al. (2022). Evaluasi dan Analisis Program Gerakan Literasi Sekolah pada Penilaian Kompetensi Minimal Siswa Menggunakan Model Countenance Stake. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 167-175.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Government of Alberta. (2010). Literacy First: A Plan for Action. Alberta Education.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i2

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Junita et al. (2022). Analisis Penerapan Literasi Membaca dan Menulis di SD Pertiwi I Kota Jambi. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 763–776.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mawati, A. T. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Mumpuni et al. (2021). Implementation of the school literacy movement during the covid-19 pandemic. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(1), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/ pe.v11i1.7928

Nadiroh et al. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi di SDN 1 Brantaksekarjati. Journal on Education, 5(3), 8602–8609. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/ joe.v5i3.1651

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuraisyah et al. (2023). Peningkatan Literasi Membaca Anak Melalui Pojok Baca. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6593

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296

Rohmah et al. (2023). Implementasi Gerakan Literasi ABK di SD. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(1), 1–7.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Sudrajat et al. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Gerakan Literasi. Jurnal Ilmiah PGMI STAI Al-Amin Bersik, 2(1), 62–75.

Sumbi et al. (2019). Analisis Penerapan Literasi Membaca Pada Pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Pulau Maya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 234–242.

Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719

Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Warnengsih & Nurpratiwiningsih. (2022). Analisis Minat Belajar Lagu Daerah Bagi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Malahayu 03 Kecamatan Banjarharjo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 406–413.

Zulfitria et al. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Pojok Baca untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas I SDI Permata Nusantara pada Kegiatan Kampus Merdeka. Rausyan Fikr, 18(2), 94–104.

Downloads

Published

2023-10-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI PADA SISWA MIN 2 KARAWANG. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(3), 319-332. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/107

Most read articles by the same author(s)