STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD CENDEKIA MUSLIM
Keywords:
Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Strategi Guru, PAUD Cendekia MuslimAbstract
Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan pondasi penting bagi pembentukan sikap, perilaku, dan kepribadian yang positif di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Cendekia Muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi, antara lain pembelajaran berbasis keteladanan, pembiasaan perilaku positif dalam kegiatan harian, integrasi nilai karakter dalam tema pembelajaran, serta pemberian penguatan positif melalui pujian dan penghargaan. Nilai karakter yang menjadi fokus mencakup religiusitas, disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kepedulian terhadap sesama. Faktor pendukung keberhasilan strategi ini meliputi peran aktif orang tua, budaya sekolah yang kondusif, dan komitmen guru. Sementara itu, hambatan yang dihadapi antara lain perbedaan latar belakang karakter anak dan keterbatasan waktu pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara guru dan orang tua serta pengembangan media pembelajaran yang inovatif untuk memperkuat implementasi pendidikan karakter di PAUD.