IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA PENERIMAAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.665Keywords:
Technology Acceptance Model, Aplikasi Sistem, Manajemen PendidikanAbstract
Di era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memainkan peran penting dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Madrasah di Indonesia, yang menggabungkan pendidikan umum dan agama, menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan layanan pendidikan. Salah satu solusi yang diambil adalah penerapan aplikasi sistem manajemen pendidikan, seperti SIMPATIKA, e-RKAM, dan SIKURMA, yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan data dan administrasi. Meskipun aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang signifikan, penerimaan dan penggunaannya di lingkungan madrasah tidak selalu berjalan mulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi, dengan fokus pada Perceived Usefulness (PU) dan Perceived Ease of Use (PEOU). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun aplikasi-aplikasi tersebut memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, tantangan seperti kurangnya kompetensi teknis, dukungan, dan pelatihan masih perlu diatasi. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi, pengelola madrasah dapat merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan penggunaan aplikasi sistem manajemen pendidikan, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pengelola madrasah, pengembang aplikasi, dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya meningkatkan penerimaan teknologi di sektor Pendidikan.
References
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.
Damayanti & Rizal. (2021). Pemanfaatan Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan dan kebijakan di Kementerian Agama. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 77–94.
Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.
Defitri et al. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA): Menggunakan TAM Model. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 347–357. https://doi.org/doi.org/10.55681/economina.v1i2.71
Handika. (2023). Implementasi EDM dan E-RKAM dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Terpadu AL Husna Klaten. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 21–29. https://doi.org/https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i1.3381
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Ilham dan Yuniarti. (2022). Implementation of Management Information Systems to Enhance Educational Quality. Idarah (Jurnal Pendidik. dan Kependidikan), 6(1), 15–26.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kemenag Grobogan. (2023). Emis Adalah Jantungnya Data Madrasah Pada Kemenag. Kementerian Agama Kabupaten Grobogan. https://grobogan.kemenag.go.id/emis-adalah-jantungnya-data-madrasah-pada-kemenag/.
King dan He. (2006). A meta-analysis of the Technology Acceptance Model. Information & Management, 43(6), 740–755. https://doi.org/10.1016/j.im.2006.05.003
Legris et al. (2003). Why do people use information technology? A critical review of the technology acceptance model. Information & Management, 40(3), 191–204. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00143-4
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
Mubarok, H. (2022). Implementasi Education Management Information System ( EMIS ) Dalam Mengelolah Data Lembaga Di Madrasah Tsanawiyah Darussa’adah Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Leadership: Jurnal mahasiswa manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 50–62. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/leadership.v3i1.876
Muttaqien et al. (2023). Strategi Pengelolaan Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pada Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6798–6811.
Nabila & Achadi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 304–315.
Nasikin, K. (2011). Pengembangan Sistem Informasi Akademis dan Keuangan di Man 2 Pati. Sistem Informasi Manajemen, 3(3), 1–11.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Rahmawati & Narsa. (2019). Intention to use e-learning: Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM). Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 3(2), 260–269.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.
Salsabila & Ramadhani. (2023). Implementasi Aplikasi EMIS (Education Management Information System) dalam Peningkatan Pelayanan pada Seksi PAI Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 2(1), 81–90.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18
Sudipa et al. (2023). Penerapan Sistem Informasi di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Suratman & Sugiyono. (2022). Strategi Bertumbuh Kepala Madrasah Dalam Implementasi E-RKAM Provinsi Kalimantan Timur. el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 1(1), 225–243. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v0i0.4229
Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Ursavaş. (2022). Conducting Technology Acceptance Research in Education: Theory, Models, Implementation, and Analysis. Springer International Publishing. https://doi.org/doi.org/10.1007/978-3-031-10846-4
Venkatesh dan Davis. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926
Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.
Wahyudi & Ariyani. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3692–3701. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6507
Wahyuni et al. (2020). Sistem Informasi Manajemen Absensi Guru Berbasis Mobile (Studi Kasus : SD Negeri 3 Tangkit Serdang). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 50-57.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Wathon. (2020). Efektifitas Administrasi Lembaga Melalui Aplikasi Excel. Sistem Informasi Manajemen, 3(2), 1–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasna Afifah, Tatang Ibrahim, Opan Arifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












