URGENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i2.594Keywords:
Manajemen Pendidikan, Mutu, Pendidikan IslamAbstract
Peran manajemen bagi peningkatan mutu pendidikan dewasa ini semakin diakui, bahkan dianggap sebagai jantungnya Pendidikan. Manajemen pendidikan diakui sebagai salah satu aspek terpenting dalam pendidikan dewasa ini. Hal demikian karena manajemen pendidikan telah menjadi aktivitas penopang mutu pendidikan, bahkan telah menjadi ciri dan indikasi dari mutu pendidikan itu sendiri. Sekalipun manajemen pendidikan, bukan unsur utama pendidikan, tetapi pendidikan bermutu seringkali diukur dari aktivitas manajemen pendidikan ini. Oleh karena itu, manajemen pendidikan yang baik perlu diupayakan sebagai ikhtiar mengembangkan mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan islam. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif di beberapa sekolah dasar islam terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi manajemen pendidikan merupakan proses atau aktivitas mengembangkan kegiatan kerjasama sekelompok orang dalam memberdayakan berbagai sumber pendidikan agar berdaya guna secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan. Manajemen memberikan sentuhan melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian pada input pendidikan agar dapat digunakan dan mendukung proses pendidikan, sehingga output pendidikan dapat terwujud secara efektif dan efisien, dan menjadi outcome yang berkualitas bagi pendidikan.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Awaludin Awaludin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












