PERAN SISTEM INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.618Keywords:
Sistem Informasi, Kualitas Pendidikan, Teknologi InformasiAbstract
Penelitian ini membahas peran sistem informasi dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan. Sistem informasi memainkan fungsi penting dalam pengelolaan data akademik, administrasi, dan komunikasi di lembaga pendidikan. Dengan penerapan sistem informasi yang efektif, lembaga pendidikan dapat meningkatkan efisiensi operasional, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan informasi. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai jenis sistem informasi yang relevan, seperti Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) dan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), yang berkontribusi pada pengelolaan kegiatan akademik dan administratif. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam implementasi sistem informasi, termasuk kendala teknis, kesenjangan keterampilan pengguna, dan isu keamanan data. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada beberapa institusi pendidikan, ditemukan bahwa penerapan sistem informasi tidak hanya meningkatkan kualitas layanan pendidikan tetapi juga mendukung pengambilan keputusan berbasis data. Harapan dari penelitian ini adalah agar teknologi informasi terus dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan, dengan dukungan dari semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sekolah, dan penyedia teknologi. Dengan demikian, sistem informasi diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan siswa dan masyarakat.
References
Anis et al. (2021). Model Sistem Informasi Manajemen Terpadu Untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 24–34. https://doi.org/doi: 10.17977/um027v4i12021p24.
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.
Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2333
Arifudin, O. (2022). Implementation Of Internal Quality Assurance System In Order To Improve The Quality Of Polytechnical Research. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(3), 297–306. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sj.v1i3.39
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Darwis et al. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management., 2(1), 64–77. https://doi.org/doi: 10.24256/kelola.v2i1.444.
Davis. (2002). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PPM.
Dewi et al. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMKN 1 Cijulang. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 1(1), 114–121. https://doi.org/doi: 10.62515/staf.v1i1.24.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Faisal et al. (2021). Sistem Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 77–85. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.704
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Jasfar, F. (2009). Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kotler., P. (2000). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.
Logachev et al. (2021). Information System for Monitoring and Managing the Quality of Educational Programs. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 93–103. https://doi.org/doi: 10.3390/joitmc7010093.
Loilatu et al. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408-1422. https://doi.org/doi: 10.31004/basicedu.v4i4.520.
Malahayati et al. (2022). Investigasi Hambatan dan Tantangan Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Rumah Sakit. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(5), 901–911. https://doi.org/doi: 10.25126/jtiik.2022944954
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Martins et al. (2019). Assessing the Success behind the Use of Education Management Information Systems in Higher Education. Telematics and Informatics, 38(1), 182–193. https://doi.org/doi: 10.1016/j.tele.2018.10.001.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
Mursyidah et al. (2023). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di SMAN 1 Berau. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–75. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.9366
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Patriansyah, W. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Pelayanan Administrasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Padangsidimpuan. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(1), 59–75. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i1.80
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Philip, K. (2005). Manajemen Pemasaran (terjemahan). Jakarta: Prentice Hall.
Purwaningsih. (2022). Implementasi sistem informasi manajemen pendidikan (SIMDIK) dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Borobudur Educational Review, 2(2), 68–76. https://doi.org/doi: 10.31603/bedr.6546.
Rahmi, N. S. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/doi: 10.21154/sajiem.v1i1.18.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Sallis, E. (2015). Total Quality Management in Education: Model, Teknik, dan Implementasinya. Jogjakarta: IRCiSoD.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Solechan. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Di Smp Islam Terpadu Al Ummah Jombang. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 8–19. https://doi.org/doi: 10.31538/cjotl.v1i1.56.
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Sutrisnaniati, E. (2019). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), 5(4), 537–546. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.20980
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 234–242.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Tjiptono. (2004). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Yakub. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yazid. (2008). Pemasaran Jasa, Edisi keempat. Yogyakarta: Ekonisia.
Zamroni. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riris Rismawati, Tatang Ibrahim, Opan Arifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












