PERAN PROGRAM KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI DALAM MENGATASI STRES DAN BURNOUT GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Hasna Afifah UIN Sunang Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan Sofwandy Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.603

Keywords:

Program Kesejahteraan Psikologis, Stres dan Burnout, Tenaga Kependidikan

Abstract

Kepuasan kerja guru dan staf di sekolah atau madrasah memiliki dampak signifikan terhadap kinerja mereka, di mana kesejahteraan psikologis yang seimbang menjadi kunci untuk mengurangi stres dan burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya program-program kesejahteraan dalam meningkatkan kesehatan mental tenaga pendidik dan staf, serta menciptakan lingkungan kerja yang positif. Kualitatif deskriptif menjadi pilihan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, pelaksanaan penelitian dilakukan selama satu bulan. Penelitian diawali dengan peninjauan lapangan serta program kesejahteraan. Dengan menggunakan konsep PERMA, yang terdiri dari Positive Emotion, Engagement, Relationships, Meaning, dan Achievement, penelitian ini menunjukkan bahwa setiap elemen berkontribusi pada peningkatan motivasi, komitmen, dan hubungan positif di antara tenaga kependidikan. Pengakuan atas pencapaian dan penghargaan yang diberikan secara transparan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kinerja individu. Hasil penelitian ini menekankan bahwa penerapan program kesejahteraan yang efektif tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja dan keberhasilan organisasi secara keseluruhan, sehingga penting bagi lembaga pendidikan untuk mengimplementasikan strategi yang mendukung kesejahteraan psikologis guru dan staf.

References

Ali et al. (2021). Manajemen Burnout Konsep dan Implementasi. Unhas Press.

Ariani et al. (2023). Effectiveness of Relaxation Techniques in Reduce Academic Burnout in Guidance and Counseling Students Class of 2021 Lambung Mangkurat University. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1–11.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fanda & Slamet. (2019). Pengaruh Gaji, Jam Kerja Fleksibel Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Di Kota Batam. Journal of Applied Managerial Accounting, 3(1), 81–95.

Febrianty & Muhammad. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia yang Pro Gen Z. UPPM universitas malahayati.

Harimurti et al. (2024). Psikologi Berhampiran Budaya. Sanata Dharma University Press.

Jailani et al. (2021). Stres, Daya Tahan dan Kepuasan Kerja dalam Kalangan Guru di Kuala Nerus Terengganu. E-Prosiding Webinar Konvensyen Kaunseling Kebangsaan Kali Ke-22, 112.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Prihatin. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Non PNS Madrasah Aliyah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1), 1–10.

Prima. (2024). Integrasi Manajemen Strategis dan Kebijakan Penyelenggaraan Sekolah Dasar Inklusi dalam Mengatasi Burnout pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 49–65.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Sa’adah. (2021). Sinergitas Pengelolaan Organisasi Madrasah Dan Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Tesis. IAIN Kudus.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Siregar et al. (2022). Kinerja dan Kesejahteraan Guru di Pelosok Indonesia. ALSYS, 2(5), 592–603.

Sumarsono. (2012). Iklim sekolah, komitmen organisasi, kepuasan kerja, dan kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(6), 532–539.

Suryadi. (2020). Pengaruh budaya organisasi, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri Di Kota Makassar. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 1(1), 14–28.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERAN PROGRAM KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI DALAM MENGATASI STRES DAN BURNOUT GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(8), 1143-1154. https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.603

Most read articles by the same author(s)