UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET SISWA SMP MELALUI DIRECT INSTRUCTION MODEL
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.467Keywords:
Basket, Direct, Instruction, KemampuanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar permainan bola basket siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Siswa diberikan instruksi langsung yang meliputi penjelasan tujuan pembelajaran, demonstrasi keterampilan, latihan terbimbing, umpan balik konstruktif, dan latihan mandiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan dribbling, passing, dan shooting siswa setelah diterapkannya model Direct Instruction. Analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, yang mengindikasikan efektivitas metode ini dalam meningkatkan kemampuan teknik dasar bola basket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Direct Instruction efektif dan dapat diterapkan secara luas dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa.
References
Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.
Arifin. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PJOK Materi Gerak Spesifik Permainan Bola Basket di Kelas VII-G Semester 1 SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 69–82. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v3i1.311
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Febriyanti et al. (2022). Implementasi Model Direct Instruction Dalam Pembelajan Bola Basket di SMAN 1 Ciasem. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7069778.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Mabrur et al. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193–202. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014
Prayoga, T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Dasar Bola Basket Siswa Menengah Kejuruan. Al-Irsyad, 10(5), 79–89.
Santra. (2021). Implementasi Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sprint. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 382–390. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5257265
Selis et al. (2023). The Effectiveness of Project Based Learning in the Merdeka Curriculum on the Basic Technical Skills of Basketball for Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1118–1122.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Krisna Adyaksya, Ine Rahayu Punamaningsih, Mabrur Febriansyah, Fafa Puji Nastiti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












