PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Rahman Tanjung STIT Rakeyan Santang
  • Supandi STIT Rakeyan Santang
  • Rahmi Nurfalaahiyyah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.292

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian pada penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa Kelas IV yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil belajar pra siklus ke siklus I, siklus II sampai ke Siklus III yakni dari ketuntasan klasikal hanya sebesar 27 % menjadi 73 % di siklus I dan meningkat lagi menjadi sebesar 86 % di siklus ke II dan meningkat lagi di siklus ke III menjadi 90% dengan rata – rata nilai pra siklus sebesar 48 setelah diterapkannya model problem based learning menjadi 71 di siklus I dan setelah dilaksanakannya tindak lanjut pada siklus II dan siklus ke tiga menjadi 90. Begitu pula dengan proses pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan dari perolehan skor siklus I sebesar 28 (64 %) menjadi siklus II sebesar 41 (88 %) dan siklus ke III dengan total skor 44.

References

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. (2010). Belaajr dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Kusmiati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dalam memahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi Dan pemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rochyandi, Y. (2014). Pengertian Metode Example Non Example.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Surabaya: Cerdas.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA . (2021). Jurnal Tahsinia, 2(1), 58-66. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.292

Most read articles by the same author(s)