MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN JENIS-JENIS TANAH
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.192Keywords:
Cooperative Learning, Pembelajara IPAAbstract
Ilmu Pengetahun Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari tentang sebab dan akibat kejadian-kejadian yang ada di alam. Pembelajaran Ilmu pengetahuan alam diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat di identifikasi. Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan pada proses pembelajaran di kelas V SD Islam Al Mumtaaz yang terlihat bahwa keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat kurang. Atas dasar tersebut peneliti mencoba dan mengajarkan mengenai mata pelajaran IPA khususnya materi jenis-jenis tanah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Sehingga dalam penelitian ini memperoleh rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum penerapan model cooperative leraning tipe STAD pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz?, 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz?, 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan model cooperative leraning tipe STAD pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz?. Tujuan Penelitian yang peneleti capai melalui penelitian ini ingin mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaan IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz, 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan penerapan mdel cooperative leraning tipe STAD pada pembeajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz, 3) Untuk mengetahui hasil beajar siswa setelah penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz. Pemilihan meodel ini didasarkan oleh keinginan penulis untuk mengadakan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah. Penilitian ini dilaksanakan di SD Islam Al Mumtaaz tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian sejumlah 23 peserta didik. Bentuk tes yang digunakan yaitu tes tertulis pre test dan post test yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 soal.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Djamarah Syaiful Bahri dkk. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hariyanto dkk. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Model. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Heriawan, Adang dkk. (2012). Metodelogi Pembelajaran Kajian Teorotis Praktis. Banten: LP3G ( Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).
Ibrahim, M, dkk. (2000). pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press.
Lie Anita. (2007). Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.
Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (Rme) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.
S. Rositawaty dkk. (2009). Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Kelas V . Bandung : Pusat Perbukuan Depdiknas.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, E Robert. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung : Nusa Media.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Suryosubroto. (1997). Proses Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.
Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Rahman Tanjung, Supandi, Arif Abdillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












