PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA

Authors

  • Supandi STIT Rakeyan Santang
  • Rahman Tanjung STIT Rakeyan Santang
  • Tiara Nurfadilah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.278

Keywords:

Prestasi Belajar, Strategi Pembelajaran Critical Incident, Pembelajaran IPA

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah Ilmu Pengetahuan alam Siswa di Sekolah Dasar masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran, guru memerlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran Critical Incident. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena penelitian ini bertujuan untuk berusaha mencoba dan mencari solusi atau titik temu dalam memecahkan masalah yang ada di dalam kelas (siswa). Hasil penelitian ini bahwa Peningkatan Prestasi belajar siswa mengalami perbaikan dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II dan Siklus III. hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pada nilai Pra Siklus yaitu dengan rata-rata 53 hanya 4 orang siswa (16%) yang mencapai KKM dengan nilai tertinggi 75. Siklus I mengalami peningkatan rata-rata menjadi 66 dengan sebanyak 17 siswa atau 68% dinyatakan telas mencapai KKM. Pada Siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 75 dengan 76% siswa telah mencapai KKM. Dan Siklus III juga mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 83 orang siswa (92%) telah mencapai KKM. Begitu pula dengan proses pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan dari perolehan skor Siklus I sebesar 30 (68%) menjadi sebesar 39 ( 87%) dan sebesar 41 (93%) pada siklus III dengan total skor 44.

References

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.

Budi Wahyono dan Setyo Nurachmadi. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI IV. Pusat Perbukua Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Depdiknas.

Djamarah. (2002). Strategi Belajar mengajar. Rhineka Cipta.

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. PT. Bumi Aksara.

Mudjiono, D. dan. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineke Cipta.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Pustaka Indonesia.

Sudijono, A. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Rajagrafindo.

Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Tiara Wacana.

Supriyono, A. A. dan W. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Surakhmad, W. (1982). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Tarsito.

Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.

Suwandi, B. dan. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Zaini Hisyam, D. (2004). Strategi Pembelajaran Akti. CTSD.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA. (2020). Jurnal Tahsinia, 2(1), 74-84. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.278

Most read articles by the same author(s)