PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.187Keywords:
pendidikan, sikap, metode inkuiriAbstract
Peranan pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi ajar dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya ialah penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai. Kenyataan di lapangan, peneliti memperoleh temuan mengenai sikap siswa terhadap proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), siswa mengalami kejenuhan karena pembelajaran kurang menarik dan kegiatan belajar mengajar (KBM) terkadang membosankan. Jenis penelitian ini merupakan perbaikan pembelajaran dengan mmetode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Sasaran yang dijadikan sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Wadas II yang berjumlah 35 anak. Hasil yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode inkuiri hanya sebanyak 42,86% siswa yang tuntas atau sebanyak 15 orang siswa dari jumlah keseluruhan 35 siswa. Siswa pada siklus I mencapai 2,97 dengan kategori cukup dan pada pelaksanan tindakan siklus II mencapai 3,63 siswa aktif dalam pelaksanaan tindakan dengan menggunakan metode inkuiri dengan kategori baik. Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri sangat membantu ditunjukkan dengan perolehan persentase hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa 25 orang siswa yang tuntas dan 10 orang lainnya belum tuntas dengan nilai rata-rata 69,85 atau 71,43% yang tuntas.
References
Adang, H. (2012). Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Perum Bumi Baros Chasanah.
Arifudin, O. (2018). PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN STIT RAKEYAN SANTANG KARAWANG. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2019). MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PERGURUAN TINGGI. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
Arifudin, O. (2020). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arikunto, S. (2010). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. PT. Bumi Aksara.
Asep Hernawan. (2007). Belajar & Pembelajaran Sekolah Dasar (U. Press (ed.)).
Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. PT. Bumi Aksara.
Hendar. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN METODE SING THE NATIONAL ANTHEM MELALUI VOKALISI. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.
Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Rosda.
Musyadad, V. F. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyaraka. PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ety Kusmiati, Dede Kusnadi, Rima Aprilia Imani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












