BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN MARGASARI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.660

Keywords:

Bimbingan Konseling, Kemandirian Belajar, Peserta Didik

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan salah satu layanan penting dalam dunia pendidikan yang berperan dalam mendukung perkembangan siswa secara holistik. Salah satu tujuan utama dari bimbingan dan konseling adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bimbingan dan konseling dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan signifikan setelah mengikuti program bimbingan dan konseling. Siswa yang terlibat dalam bimbingan dan konseling menunjukkan peningkatan dalam aspek perencanaan belajar, motivasi diri, dan kemampuan mengatur waktu secara mandiri. Kemandirian belajar merujuk pada kemampuan siswa untuk mengelola dan bertanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri tanpa bergantung secara terus-menerus pada bantuan orang lain. Dalam konteks ini, bimbingan dan konseling berfungsi untuk memberikan dukungan emosional, sosial, serta akademik bagi siswa SDN Margasari Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur dalam mengatasi hambatan yang mereka hadapi dalam belajar. Melalui pendekatan individual dan kelompok, layanan ini membantu siswa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri, mengatur tujuan belajar, serta mengembangkan keterampilan manajemen waktu dan motivasi.

References

Ainur. (2000). Bimbingan dan Konseling Dalam Islam. Yogyakarta: UII Press.

Anwar. (2007). Bimbingan dan Konseling Islami (Teori dan Praktik). Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Arifin & Prihando. (2024). Manajemen pembiayaan dalam membangun kemandirian sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(1), 255–259.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Asmani. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fadillah, M. (2023). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Di Kelas XI SMAN 8 Bandar Lampung Tahun 2021/2022 (Skripsi). Bandar Lampung: UIN Raden Intan.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Pattiasina., P. J. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Prayitno. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sugiani. (2021). Peran guru BK dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas V di SDIT harapan umat kabupaten Brebes. (Thesis). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN MARGASARI. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(4), 609-625. https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.660

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>