EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS V SDN MARGALAKSANA KABUPATEN CIANJUR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.718

Keywords:

Efektivitas, Layanan Konseling Kelompok, Percaya Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas V di SDN Margalaksana, Kabupaten Cianjur. Rasa percaya diri merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan siswa yang dapat mempengaruhi proses belajar, interaksi sosial, dan pencapaian akademik. Namun, berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa sebagian siswa kelas V di SDN Margalaksana mengalami rendahnya rasa percaya diri, yang terlihat dari sikap kurang aktif dalam diskusi, keraguan dalam menjawab pertanyaan, dan kecenderungan menarik diri dari lingkungan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas V yang dipilih berdasarkan hasil identifikasi awal. Pelaksanaan layanan konseling kelompok dilakukan dalam enam sesi, dengan fokus pada pengembangan kesadaran diri, pemecahan masalah, dan penguatan dukungan sosial di antara anggota kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok secara signifikan mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hal ini terlihat dari perubahan sikap siswa setelah mengikuti sesi konseling, seperti peningkatan keberanian untuk berbicara di depan umum, partisipasi aktif dalam kegiatan kelas, serta penguatan hubungan sosial dengan teman sebaya. Faktor-faktor yang mendukung efektivitas layanan ini meliputi suasana kelompok yang kondusif, keterlibatan aktif konselor, dan dukungan dari lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas V di SDN Margalaksana. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi para pendidik dan konselor dalam merancang program bimbingan dan konseling yang lebih terarah untuk mendukung perkembangan psikologis siswa.

References

Abduloh et al. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Arifudin, O. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

Irwandi, D. (2024). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Pelajaran Kimia Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Tahsinia, 5(5), 754–767.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Maharni, R. (2021). Development Of Sets-Based Chemistry Learning E-Modules (Science, Environment, Technology, Society) On Colligative Properties Of Solutions. EDUSAINS, 13(2), 153–164.

Mayasari, A. (2024). Teknik Discovery Learning Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Sumber Kehidupan (IPA) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sdn 9 Padang Cermin. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1222–1231.

Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.

Nafisah, S. (2023). Proses Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society, 1(1), 1–8.

Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nugroho. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 45–54.

Rahmah, N. F. (2022). The The Readability Of Junior’s Level In Mentari’s Textbooks: A Systemic Functional Linguistic Study. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 3(1), 56–64.

Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.

Rahmah, N. F. (2025). Soldiers’ Wives’ Resilience as Conceptual Metaphor in Merah Putih Memanggil and Sayap-Sayap Patah. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 6(1), 77–89.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sari dan Putri. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD. Jurnal Psikologi Anak, 3(1), 23–35.

Sari, S. (2025). Implementation Of A Project-Based Worksheet Using Aloe Vera Gel As A Natural Stabilizer In Purple Sweet Potato Ice Cream To Increase Nutritional Literacy. EDUSAINS, 17(1), 38–49.

Sholihat, R. N. (2023). Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh. Chemica, 24(1), 98–107.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS V SDN MARGALAKSANA KABUPATEN CIANJUR. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(7), 1111-1123. https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.718

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>