BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENANGANI PERILAKU DISRUPTIF SISWA KELAS III SD NEGERI CIJATI KABUPATEN CIANJUR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i6.482

Keywords:

Bimbingan Sosial, Perilaku Disruptif, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Perilaku disruptif siswa di lingkungan sekolah dasar, terutama di kelas III SD Negeri Cijati, Kabupaten Cianjur, menjadi permasalahan yang signifikan. Perilaku ini tidak hanya mengganggu proses pembelajaran, tetapi juga berdampak pada interaksi sosial siswa dan keberhasilan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi objektif di mana sejumlah siswa menunjukkan perilaku seperti tidak mematuhi aturan kelas, mengganggu teman, dan tidak fokus saat belajar, yang membutuhkan intervensi bimbingan sosial untuk menanganinya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran bimbingan sosial dalam mengatasi perilaku disruptif siswa melalui pendekatan yang sistematis dan terarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai bentuk perilaku disruptif siswa, penyebabnya, serta efektivitas bimbingan sosial dalam mengatasi perilaku tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan sosial yang dilakukan secara konsisten, seperti melalui konseling kelompok, diskusi terarah, dan permainan peran, mampu mengurangi frekuensi perilaku disruptif siswa. Intervensi ini juga meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya kerja sama, empati, dan tanggung jawab sosial. Program bimbingan sosial yang dirancang berdasarkan kebutuhan siswa terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

References

Ahmadi, A. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.

Faqih, A. R. (2001). Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306

Hadi. (2017). Peran guru dalam membimbing siswa dengan perilaku disruptif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 112-121.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Munir, S. (2013). Bimbingan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rahmawati. (2020). Pengaruh program bimbingan sosial terhadap perilaku siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45-60.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Sukardi dkk. (2020). Kecerdasan sosial siswa dan implikasinnya dalam dunia Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Islam., 1(1), 57–65.

Supriyono, A. A. dan W. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Suryani. (2018). Pendekatan kolaboratif dalam bimbingan sosial untuk mengatasi masalah siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 35-49.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.

Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agam Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Wilis. (2013). Konseling Individual teori dan praktik. Bandung: Alfabeta.

Yulia dan Gunarsa. (2015). Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENANGANI PERILAKU DISRUPTIF SISWA KELAS III SD NEGERI CIJATI KABUPATEN CIANJUR. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(6), 940-952. https://doi.org/10.57171/jt.v5i6.482

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>