PERAN PSIKOLOGI DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Riris Rismawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.624

Keywords:

Psikologi, Resiliensi Akademik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting psikologi dalam meningkatkan resiliensi akademik di lingkungan sekolah. Resiliensi akademik merupakan kemampuan siswa untuk menghadapi dan mengatasi tantangan dalam proses belajar, yang sangat dipengaruhi oleh faktor psikologis. Penelitian menunjukkan bahwa pendekatan psikologis, seperti pelatihan regulasi emosi, manajemen stres, dan penerapan prinsip-prinsip psikologi positif, dapat secara signifikan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal, termasuk dukungan dari guru, orang tua, dan teman sebaya, harus dioptimalkan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan resiliensi akademik. Kolaborasi antara guru, konselor, dan orang tua menjadi kunci dalam menciptakan sinergi yang diperlukan untuk mendukung siswa dalam menghadapi tantangan akademik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan program intervensi psikologis yang lebih efektif di sekolah, serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya dukungan sosial dalam membangun resiliensi akademik siswa.

References

Adawiyah. (2024). Urgensi Pendekatan Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. G-Couns Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1074–1085. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5880

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Aini. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Resiliensi Akademik Pada Remaja SMP Negeri Di Kecamatan Ngrambe. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbing Dan Konseling Dalam Pendidik., 6(2), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v6i2p11-19.3040

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

Aza et al. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, Dan Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 4(4), 491–501. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285

Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Finishtya & Sriniyati. (2022). Determinan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Vokasi Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Equity, 25(1), 61–76. https://doi.org/https://doi.org/10.34209/equ.v25i1.4433

Habibah. (2024). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 638–643. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/1qac2616

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Hasanah & Rusmawati. (2020). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Penyandang Disabilitas Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Jurnal Empati, 7(3), 1119–1123. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2018.21868

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kaharuddin. (2024). Penyuluhan Pengembangan Sekolah Melalui Komite Sekolah. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(2), 367–379. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i2.3559

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kwen. (2024). Peningkatan Resiliensi Akademik Siswa Melalui Konsep Diri Dan Iklim Sekolah. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 527–537. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.22045

Lutfiyah & Fahyuni. (2023). Peran Konselor Bimbingan Konseling Dalam Pengenalan Gaya Belajar Siswa Di Era New Normal. Teraputik Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 68–76. https://doi.org/https://doi.org/10.26539/teraputik.711725

Marettih et al. (2022). Gambaran Resilensi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19. Psikobuletin Buletin Ilmiah Psikologi, 3(3), 140–150. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/pib.v3i3.18771

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Mubayyinah. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9972–9977. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3322

Mulyanti & Kurniasih. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Fastabiq Jurnal Studi Islam, 2(2), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Nurfirdaus & Sutisna. (2021). Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 895–902. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Pratama. (2024). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Program MBKM. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 2038–2050. https://doi.org/https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.269

Pratiwi & Kumalasari. (2021). Dukungan Orang Tua Dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Analitika, 13(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5482

Putri. (2023). Pengaruh Regulasi Emosi Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jiva Journal of Behavior and Mental Health, 4(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.30984/jiva.v4i1.2528

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Rusmana, F. D. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. JURNAL MAKRO MANAJEMEN, 5(2), 157–163.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sembiring & Tarigan. (2022). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Resiliensi Akademik Siswa SMA Seminari Menengah Pematangsiantar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 131–147. https://doi.org/https://doi.org/10.52110/jppak.v2i2.56

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Solikhah & Suminar. (2022). Harapan (Hope) Dan Resiliensi Akademik Siswa SMA/SMK Di Masa Pandemi COVID-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (Brpkm), 2(1), 720–728. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.36192

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Wulandari & Kumalasari. (2022). Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa: Bagaimana Kaitannya Dengan Dukungan Dosen? Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jpm.v4i1.5058

Yaman. (2023). Hubungan Antara Resiliensi Akademik Dan Motivasi Belajar Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMPN 1 Pinrang. Peshum, 2(4), 700–711. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/peshum.v2i4.1813

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERAN PSIKOLOGI DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(9), 1368-1382. https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.624

Most read articles by the same author(s)