PENERAPAN PSIKOLOGI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS MANAJEMEN DI LEMBAGA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i4.589Keywords:
Penerapan, Psikologi Organisasi, Efektivitas ManajemenAbstract
Penerapan psikologi organisasi dalam manajemen lembaga pendidikan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas lingkungan belajar. Dengan memahami perilaku dan motivasi individu serta dinamika kelompok, lembaga pendidikan dapat mengatasi berbagai tantangan manajerial dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Psikologi organisasi adalah cabang ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam konteks organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Fokusnya adalah pada interaksi individu dan kelompok, yang penting untuk mencapai keseimbangan antara kepuasan karyawan dan tujuan organisasi. Penerapan psikologi organisasi membantu mengidentifikasi dan mengelola faktor-faktor yang memengaruhi kinerja, serta menciptakan lingkungan kerja yang mendukung. Studi kasus di SD Alfa Centauri menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan kinerja dan kesejahteraan tenaga pendidik melalui program pelatihan, penghargaan berbasis kinerja, dan program kesejahteraan. Pendekatan ini sejalan dengan berbagai teori psikologi organisasi yang menekankan pentingnya keseimbangan antara kesejahteraan individu dan pencapaian tujuan organisasi. Penerapan psikologi organisasi, oleh karena itu, dapat dijadikan model strategi bagi institusi pendidikan lain untuk mencapai keberhasilan manajemen yang lebih baik dan pendidikan yang lebih berkualitas.
References
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.
Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Costa et al. (2015). Team work engagement: A model of emergence. Journal of Applied Psychology, 100(3), 713–731.
Deci & Ryan. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Dutton et al. (2010). Organizational images and member identification. Administrative Science Quarterly, 39(2), 239-263. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/2393235
Erdogan et al. (2018). Employee treatment and social exchange relationships: A cross-level moderating perspective. Journal of Organizational Behavior, 39(10), 1256–1273.
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Gagné & Deci. (2005). Self-determination theory and work motivation. Journal of Organizational Behavior, 26(4), 331–362.
Greenberg & Baron. (2003). Behavior in Organizations: Understanding and Managing the Human Side of Work (8th ed.). Pearson Education.
Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.
Hartini & Ariana. (2016). Psikologi konseling: Perkembangan dan penerapan konseling dalam psikologi. Airlangga University Press.
Judge et al. (2017). The connections between work motivation and job satisfaction, attitudes, and performance: The critical role of work meaning and perceptions. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 4(1), 297–329.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 171–187.
Kozlowski & Ilgen. (2006). Enhancing the effectiveness of work groups and teams. Annual Review of Psychology, 58(1), 495–516.
Luthans. (2002). Organizational Behavior (9th ed.). McGraw-Hill.
Maiza & Nurhafizah. (2019). Pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–465.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Men et al. (2020). Public engagement with CEOs on social media: Motivations and relational outcomes. Journal of Communication Management, 24(2), 101–118.
Meyer et al. (2012). A person-centered approach to work motivation and organizational commitment. Journal of Applied Psychology, 97(3), 483-499. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/a0026227
Murphy & Cleveland. (2018). Industrial and Organizational Psychology (3rd ed.). SAGE Publications.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Owens et al. (2016). Expressed humility in organizations: Implications for performance, teams, and leadership. Academy of Management Journal, 56(5), 1516–1538.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Podsakoff et al. (2018). The relationship between organizational citizenship behavior and work performance: A meta-analysis of research across four decades. Journal of Applied Psychology, 103(5), 467–500.
Putri. (2022). Pentingnya Layanan Psikologis Bagi Karyawan dalam Menjaga Kesehatan Mental dan Peningkatan Kinerja. Capacitarea: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 124-132.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Robbins. (2003). Organizational behavior. Prentice Hall.
Robbins & Judge. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). Pearson.
Robbins & Judge. (2019). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sari. (2021). Implementing the Principles of Educational Psychology to Create Effective Learning. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 12(2), 184-196.
Schaufeli & Salanova. (2014). Burnout, boredom, and engagement in the workplace. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavio, 1(1), 489-511. https://doi.org/https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-031413-091230
Schein. (2010). Organizational Culture and Leadership (4th ed.). Jossey-Bass.
Schultz & Schultz. (2010). Psychology and Work Today: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology (10th ed.). Pearson.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Siregar, R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aidah Aidah, Mulyawan Safwandy Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












