MEKANISME PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Miftah Farid Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tatang Ibrahim Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasbiyallah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Opan Arifudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i1.599

Keywords:

Pengambilan Keputusan, Sistem Informasi Manajemen, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan aspek kunci dalam manajemen organisasi, termasuk di lembaga pendidikan Islam, yang kini memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebagai alat strategis. SIM menyediakan data yang terstruktur, akurat, dan relevan untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data di berbagai aspek operasional. Meskipun demikian, pemahaman tentang penerapan SIM yang efektif dalam lembaga pendidikan Islam masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan bagaimana SIM dapat mendukung pengambilan keputusan yang efektif di lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengkaji berbagai temuan lapangan, buku, artikel, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu untuk mengeksplorasi penerapan SIM dalam pengambilan keputusan terkhusus di lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SIM yang diintegrasikan dengan model pengambilan keputusan Herbert A. Simon melalui tahap intelligence, design, dan choice, dapat membantu identifikasi masalah, analisis solusi alternatif, dan pemilihan keputusan terbaik secara sistematis. Selain meningkatkan transparansi dan akurasi pengelolaan data, SIM juga memungkinkan lembaga pendidikan Islam untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, memperkuat tata kelola, dan memenuhi tuntutan pendidikan modern yang semakin kompleks.

References

Adisel & Thadi. (2020). Sistem Informasi Manajemen Organisasi Perannya dalam Pengambilan Keputusan dan Pemecahan Masalah. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 145–153. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1579

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

Astuti, P. T. (2020). Analisis Keberhasilan Pre and Post Test Grameen Bank terhadap Hasil Pemberdayaan Perempuan (Studi Kasus Di Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Cileungsi). Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Erong & Hwihanus. (2023). Manfaat Sim Dalam Pengambilan Keputuasan Pada Suatu Perusahaan. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 57–65. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i1.981

Fardiansyah, A. (2023). Efektivitas Pengelolaan Wakaf Tunai Di Badan Wakaf Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 199–210.

Febrianti. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522.

Fitriyah, A. W. (2024). The Role of Islamic Religion Teachers in Overcoming Egocentrism Among Students at Madrasah Ibtidaiyah Ibrahimy Sukorejo. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 193–209.

Hassan, R. (2021). Participatory Banking (PB) Taking Measures Against Covid-19 in Turkey: Issues and Proposed Strategies. Turkish Journal of Islamic Economics, 8.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Husna & Lellya. (2023). Sistem Informasi Manajemen Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Kotawaringin Timur. Adiba: Journal Of Education, 3(2), 292-303.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar SiswA. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Khairani, A. (2023). Perbandingan Fungsi Bmt Sebagai Baitul Maal Dan Baitul Tamwil. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(2), 175–186.

Khairani, A. (2024). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pengembangan Umkm Menggunakan Partial Least Square. MIZANUNA: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 71–84.

Kusuma. (2024). Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 80-88.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Laudon & Laudon. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (16th ed.). Pearson.

Lubis & Nasution. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(12), 41-50.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Murtafiah. (2023). Manajeman Tatalaksana Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 425-436.

Ningsih, I. W. (2019). Konsep Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Ulama Nusantara: Study Pemikiran Kh. Hasyim Asy’ari, Kh. Ahmad Dahlan Dan Buya Hamka. Jurnal Tahsinia, 1(1), 101–107.

Ningsih, I. W. (2020). Konsep Hidup Seimbang Dunia Akhirat Dan Implikasinya Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 1(2), 128–137.

Ningsih, I. W. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Lembaga Filantropi Yatim Mandiri Dalam Pemberdayaan Mahasiswa Yatim (Study Analisis Program MEC). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 859–869.

Ningsih, I. W. (2023). History and Development of Pesantren in Indonesia. Jurnal Eduscience (JES), 10(1), 340–356.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Pratamaningtiyas. (2024). Analisis Pengambilan Keputusan JAKI terhadap Peningkatan Pelayanan Publik di Provinsi DKI Jakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(2), 1360-1369.

Rahayu & Briandana. (2022). Teknologi Komunikasi dan Pendidikan: Aplikasi E-Pasraman sebagai Bentuk Konstruksi Sosial Teknologi dalam Media Baru. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi., 4(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/calathu.v4i1.2440

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rantaprasaja, L. (2023). Dampak Nisbah Bagi Hasil Deposito Mudharabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(2), 187–198.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rochaety. (2006). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusdiana. (2019). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Konsep, Prinsip dan Aplikasi). Pusat Penelitian Dan Penerbitan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sa’adah & Ibad. (2021). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Di SMK Islam Al-Khoiriyah. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam., 2(1), 16-34.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Setyawati, D. P. (2023). Mekanisme Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Di Bank Syariah Sebagai Implementasi Fungsi Sosial Bank. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidika, 4(2), 211–220.

Shobri. (2024). Peran Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas di Lembaga Pendidikan Islam. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 78–88. https://doi.org/https://doi.org/10.37348/aksi.v2i2.302

Sudjiman & Sudjiman. (2020). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan. TeIKa, 8(2), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.36342/teika.v8i2.2327

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Suryaningtyas. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126.

Syahlarriyadi, S. (2023). The role of leaders of islamic educational institutions in increasing the quality of islamic education in madrasah. Proceeding of The Postgraduate School Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1, 443–470.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Toharoh, T. (2024). The Impact of Using Digital Novel Applications on the Psychology of Adolescents in the 21st Century Era. International Conference of Bunga Bangsa, 2(1), 32–41.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Yoraeni. (2023). Sistem Informasi Manajemen. PT. Scifintech Andrew Wijaya.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MEKANISME PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(1), 86-103. https://doi.org/10.57171/jt.v6i1.599

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2