PENGARUH KEGIATAN MAGRIB MENGAJI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Mukarom Mukarom STIT At-Taqwa KPAD Bandung
  • Dasep Gumilar STAI KH Badruzzaman
  • Bubun Sehabudin STAI KH Badruzzaman
  • Evi Erfiyana STAI KH Badruzzaman
  • Opan Arifudin STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.596

Keywords:

Kegiatan Magrib Mengaji, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh putusan dari Menteri Agama Republik Indonesia yang telah membuat suatu gerakan Magrib Mengaji untuk menghadapi kekhawatiran pemerintah terhadap kemerosotan umat yang kini telah dirasakan terutama kepada anak-anak penerus bangsa, mengingat pelajaran agama disekolah sangat terbatas. Sehingga apakah kegiatan Magrib Mengaji ini dapat membantu mengembangkan prestasi belajar siswa di bidang keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan analisis regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 103 Coblong. Teknik Penelitian pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pengambilan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sebanyak 38 orang dengan prosentase 46,7% mengikuti kegiatan magrib mengaji dengan sangat baik, dan sebanyak 40 orang dengan prosentase 49,4% mengikuti kegiatan magrib mengaji dengan kategori sedang, sedangkan 3 orang dengan prosentase 3,7% memiliki kategori rendah terhadap kegiatan magrib mengaji. 2) Siswa yang berjumlah 21 orang (27%) memiliki prestasi belajar pada aspek kognitif dengan kategori rendah, sedangkan 45 orang atau 57% dengan kategori sedang, dan 10 orang atau 12,3% memiliki prestasi belajar bidang kognitif dengan kategori sangat baik. 3) Pada aspek Afektif 23 Orang atau 28,4% dengan kategori baik, sedangkan 58 orang atau 71,6% dalam kategori sangat baik. 4) Pada aspek Psikomotorik sebanyak 21 orang atau 27 % tingkat prestasi rendah, sedangkan 45 orang atau 57 % dengan kategori sedang, dan 10 siswa atau 12,3 % dengan kategori sangat baik. 5) Ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan magrib mengaji terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti, hal ini berdasarkan dengan hasil perhitungan yang menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) kurang dari 0,5 maka hipotesis alternatif (Ha) di terima. 0,000.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH KEGIATAN MAGRIB MENGAJI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(4), 583-599. https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.596

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3