STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA

Authors

  • Evi Erfiyana STAI KH Badruzzaman
  • Dasep Gumilar STAI KH Badruzzaman
  • Bubun Sehabudin STAI KH Badruzzaman

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i1.503

Keywords:

Strategi Guru, Kesulitan Belajar Siswa, Madrasah Aliyah Swasta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pada saat pembelajaran masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Maka, dalam hal ini guru memiliki peran yang penting dalam menyusun strategi agar dapat mengatasi kesulitan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan menggunakan strategi ekspositori yaitu strategi yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Seperti halnya guru melakukan pendekatan secara personal dan memberikan pelajaran tambahan, jika terdapat siswa yang benar-benar sulit untuk memahami materi tersebut guru lebih fokus untuk membantu siswa tersebut, dengan demikian guru dapat mengetahui apa kesulitan yang dialami siswa dan memberi motivasi dorongan kepada siswa untuk keluar dari masalah yang dialami tersebut. Adapun faktor yang menghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah faktor internal siswa yaitu kurangnya minat dan motivasi siswa dan faktor eksternal siswa yaitu kurangnya kontrol dari orang tua dan lingkungan pergaulan yang kurang baik.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

Astuti, P. T. (2020). Analisis Keberhasilan Pre and Post Test Grameen Bank terhadap Hasil Pemberdayaan Perempuan (Studi Kasus Di Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Cileungsi). Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fardiansyah, A. (2023). Efektivitas Pengelolaan Wakaf Tunai Di Badan Wakaf Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 199–210.

Fitriyah, A. W. (2024). The Role of Islamic Religion Teachers in Overcoming Egocentrism Among Students at Madrasah Ibtidaiyah Ibrahimy Sukorejo. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 193–209.

Hassan, R. (2021). Participatory Banking (PB) Taking Measures Against Covid-19 in Turkey: Issues and Proposed Strategies. Turkish Journal of Islamic Economics, 8.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Khairani, A. (2023). Perbandingan Fungsi Bmt Sebagai Baitul Maal Dan Baitul Tamwil. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 175–186.

Khairani, A. (2024). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pengembangan Umkm Menggunakan Partial Least Square. MIZANUNA: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 71–84.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Mayasari, A. (2022). Upaya Menambah Kosa Kata Bahasa Sunda Melalui Kegiatan Menyanyikan Nadzhom Tauhid. Jurnal Tahsinia, 3(1), 29–36.

Mulyadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Jogjakarta : Nuha Litera.

Ningsih, I. W. (2019). Konsep Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Ulama Nusantara: Study Pemikiran Kh. Hasyim Asy’ari, Kh. Ahmad Dahlan Dan Buya Hamka. Jurnal Tahsinia, 1(1), 101–107.

Ningsih, I. W. (2020). Konsep Hidup Seimbang Dunia Akhirat Dan Implikasinya Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 1(2), 128–137.

Ningsih, I. W. (2021). The Influence of Tilawati Method Satisfaction Branch of JABODETABEK and Banten on Service Quality of Central Tilawati Method (The Analysis of Tilawati Method Training Studies). At-Ta’dib, 16(1), 101–118.

Ningsih, I. W. (2022). The Concept Of Education Curriculum In The Perspective Of Ali Ahmad Madzkur. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah., 5(1), 27–37.

Ningsih, I. W. (2023). The Use of the Tilawati Mobile Android Application as an Effort to Assist the Learning Process of Reading the Qur’an for the Elderly Community in the Bogor Mengaji Class. Teumulong: Journal of Community Service, 1(2), 82–91.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296

Rantaprasaja, L. (2023). Dampak Nisbah Bagi Hasil Deposito Mudharabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 187–198.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sehudin, S. (2023). Sejarah Dan Perkembangan Ilmu Tajwid Di Pulau Jawa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 1–12.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Setyawati, D. P. (2023). Mekanisme Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Di Bank Syariah Sebagai Implementasi Fungsi Sosial Bank. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidika, 4(2), 211–220.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3035

Supriyadi, A. (2022). Nawa Cita Sebagai Core Value Pendidikan Karakter Berbasis Budaya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3755–3763.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syahlarriyadi, S. (2023). The role of leaders of islamic educational institutions in increasing the quality of islamic education in madrasah. Proceeding of The Postgraduate School Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1, 443–470.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Toharoh, T. (2024). The Impact of Using Digital Novel Applications on the Psychology of Adolescents in the 21st Century Era. International Conference of Bunga Bangsa, 2(1), 32–41.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(1), 62-72. https://doi.org/10.57171/jt.v6i1.503

Most read articles by the same author(s)