Implementasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati di Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i3.582Keywords:
Pembentukan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode TilawatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembentukan karakter profil pelajar Pancasila yang diimplementasikan melalui pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Profil pelajar Pancasila merupakan salah satu kebijakan yang mendukung teralisasinya tujuan pendidikan Nasional dan merupakan kelanjutan dari program penguatakan pendidikan karakter. Profil pelajar Pancasila merupakan kompetensi sekaligus karakter yang menjadi tujuan karakter pembelajaran yang harus dimiliki dan dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat. Profil pelajar Pancasila menerapkan enam dimensi profil yang meliputi: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berkhebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Enam dimensi profil pelajar Pancasila ini diintegrasikan melalui pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati di SDIT Al-Azhar Syifa Budi dan SDIT Anugerah Insani yang berada di Kabupaten Bogor. Pengintegrasian tersebut diimplementasikan melalui pendidikan karakter yang menjadi ciri khas dalam pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati. Melalui pembelajaran Al-Qur’an ini diharapkan terbentuk profil pelajar Pancasila yang mampu mengimplementasikan enam dimensi profil dalam kehidupan bermasyarakat.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Wahyu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












