KONSEP HIDUP SEIMBANG DUNIA AKHIRAT DAN IMPLIKASINYA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.188Keywords:
Seimbang, Dunia, Akhirat, Implikasi PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep kehidupan seimbang dunia dan akhirat dan implikasinya dalam perspektif pendidikan Islam. Artikel ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study literatur. Dari study literatur yang dikaji didapatkan kesimpulan bahwa Islam memandang manusia sebagai sosok yang sempurna dan sebaik-baik penciptaan (Ahsan at-Taqwim,) dalam pandangan Islam manusia dijadikan titik sentral dalam perubahan, Islam menilai aktivitas pembangunan merupakan bagian dari pengabdian manusia kepada Allah. Indikator keberhasilan dalam pembangunan manusia dikaitkan dengan nilai-nilai Imani (amanu), serta kemaslahatan dan nilai-nilai manfaat dalam kehidupan (Amal Sholihat). Pembangunan manusia dalam kehidupan tidak akan lepas dari unsur pendidikan. Pandangan Islam yang bersifat universal terhadap semua aspek kehidupan mewujudkan adanya keseimbangan. Implikasi konsep keseimbangan dunia akhirat dalam kajian pendidikan terlihat ketika pendidikan Islam hadir dalam memberikan tantangan dan jawaban atas perubahan sekaligus respon terhadap pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan umat.
References
Arifudin, O. (2018). PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN STIT RAKEYAN SANTANG KARAWANG. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2019). MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PERGURUAN TINGGI. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
Arifudin, O. (2020). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hamid. (1983). Aspek-Aspek Pokok Agama Islam. Jakarta: Pustaka Jaya.
Hendar. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN METODE SING THE NATIONAL ANTHEM MELALUI VOKALISI. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.
Jalaludin. (2003). Teologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kartanegara. (2006). Gerbang Kearifan : Sebuah Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Lentera Hati.
Makruf. (2019). Konsep Mewujudkan Keseimbangan Hidup Manusia Dalam Sistem Pendidikan Islam, Jurnal Al-Makrifat. 4 (2), 1-10.
Nasem. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHETMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.
Ramayulis. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Sumedi. (2020). Tafsir Ayat-ayat Manajemen Hikmah Idariyah dalam Al-Qur’an. Bandung: Rosda Karya
Talhah dan Mufid. (2008). Fiqih Ekologi Menjaga Bumi Memahami Makna Kitab Suci. Yogyakarta: Total Media.
Ulfah. (2019). PERAN KONSELOR DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Indah Wahyu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












