STRATEGI PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i2.584Keywords:
Pendidikan Inklusif, Sekolah Dasar, Strategi Pengelolaan, Kebutuhan KhususAbstract
Pendidikan inklusif menjadi isu penting dalam upaya mewujudkan pendidikan yang merata dan berkeadilan bagi seluruh peserta didik, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan pendidikan inklusif yang dapat meningkatkan aksesibilitas di sekolah dasar. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode studi kasus di beberapa sekolah dasar yang telah menerapkan program pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pengelolaan pendidikan inklusif bergantung pada beberapa faktor kunci, yaitu (1) pelatihan dan peningkatan kompetensi guru dalam menangani siswa berkebutuhan khusus, (2) penyediaan fasilitas pendukung yang ramah disabilitas, seperti aksesibilitas fisik dan alat bantu belajar, serta (3) kolaborasi antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pengelolaan pendidikan inklusif yang komprehensif dan berorientasi pada kebutuhan siswa mampu meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi para pemangku kepentingan pendidikan dalam merancang kebijakan dan praktik yang lebih inklusif di masa depan.
References
Agustin. (2019). Permasalahan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di SDN Se Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 17–26.
Ainscow. (2005). Developing inclusive education systems: What are the challenges? International Journal of Inclusive Education, 9(3), 217-230.
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Epstein. (2018). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Westview Press.
Handayani. (2021). Kebijakan Pendidikan Inklusif Terhadap Pemenuhan Hak Anak Disabilitas (Studi Kasus Dinas Pendidikan Di Wilayah Jakarta Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Indriani. (2020). Pengaruh kebijakan pendidikan inklusif terhadap aksesibilitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Inklusif, 2(1), 25-35.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sari & Putra. (2021). Adaptasi kurikulum dalam pendidikan inklusif: Studi kasus di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(4), 345-359.
Sharma. (2019). Impact of teacher education on the implementation of inclusive education. International Journal of Inclusive Education., 23(5), 503-517.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.
UNESCO. (2005). Guidelines for Inclusion: Ensuring Access to Education for All.
UNESCO. (2017). A Guide for Ensuring Inclusion and Equity in Education. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Widiastuti & Hadi. (2020). Ketersediaan fasilitas fisik dalam mendukung pendidikan inklusif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 88-99.
World Health Organization. (2011). World Report on Disability.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Epy Pujiaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












